Thrifting Jadi Salah Satu Cara Hemat Membeli Pakaian, Ini Tips Lainnya

Oleh Helena Yupita pada 17 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 09:55 WIB
Berbelanja Pakaian Baru
Perbesar
Ilustrasi Diskon Pakaian Credit: pexels.com/Artem

Liputan6.com, Jakarta Pakaian ternyata menjadi salah satu barang yang dapat menghabiskan sebagian besar anggaran, terutama jika Anda memiliki hobi untuk membeli pakaian baru.

Busana yang selalu kita kenakan setiap harinya bisa menjadi salah satu cara untuk menyiarkan kepribadian batin kita.

Untuk tampil fashionable tidak harus selalu merusak anggaran. Melansir dari laman frugal and thriving, berikut 6 cara untuk menghemat uang yang digunakan untuk berbelanja pakaian , Kamis (17/6/2021).

1. Membeli Lebih Sedikit Pakaian Berkualitas

Rupanya aturan 80/20 juga berlaku untuk pakaian. Kita memakai 20 persen dari pakaian kita dan 80 persen dari waktu. Sisanya terbuang sia-sia di lemari.

Selain menghemat uang, memiliki lebih sedikit pakaian sebenarnya dapat membantu Anda menjadi lebih sukses. Menurut Business Insider, memiliki sedikit pilihan pakaian dan memakainya berulang-ulang akan menghemat energi mental untuk memutuskan apa yang akan dikenakan setiap hari. 

Itu akan bermanfaat untuk menghindari kelelahan keputusan dan Anda telah menghemat upaya otak, sehingga akan menikmati produktivitas yang lebih besar.

2. Lakukan Thrifting atau Membeli Pakaian Bekas

Beberapa orang memiliki bakat untuk melihat penawaran bagus mengenai pakaian begas dan ini tentu terlihat tetap luar biasa walaupun dengan harga lebih murah.

Untuk melakukan penghematan, pertama, simpanlah daftar hal-hal yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat mengawasi barang-barang tersebut. Ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu waktu untuk menemukan barang yang dicari.

Jika Anda melihat beberapa referensi, ada ratusan ide inspiratif untuk mendaur ulang pakaian bekas, agar tetap layak pakai bahkan dapat menarik perhatian.

Keuntungan lain dari melakukan thrifting yakni selain mendapatkan harga murah, pakaian yang Anda beli juga tidak akan ditiru orang lain karena biasanya hanya memiliki satu stok saja pada setiap modelnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Beli Pakaian Obral

Bulan Ramadhan, Perlengakapan Ibadah Mulai Ramai Diburu
Perbesar
Calon pembeli memilih perlengkapan ibadah di pasar Tanah Abang Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Saat bulan Ramadhan, umat muslim ramai berbelanja perlengkapan ibadah seperti, tasbih, sajadah, peci dan baju muslim untuk dipergunakan saat beribadah di bulan suci. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan toko-toko dalam siklus penjualan konstan akhir-akhir ini, tidak ada alasan untuk membayar harga penuh untuk apa pun. Sekali lagi, buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan dan perhatikan kapan barang-barang itu mulai dijual.

Carilah pusat perbelanjaan yang mengobral pakaiannya, dengan begitu pakaian yang Anda beli persentase potongannya mungkin dapat mencapai 90 persen dari harga aslinya.

4. Belanja online

Belanja online untuk pakaian biasanya akan lebih murah dari yang dijual di pusat perbelanjaan. Di satu sisi, belanja lebih nyaman karena bisa dilakukan di rumah. Di sisi lain, bisa jadi kurang nyaman karena tidak bisa mencoba pakaian sebelum membelinya. 

Salah satu tips untuk memastikan pakaian tersebut memiliki kualitas yang baik adalah dengan membaca ulasan pembeli lain untuk barang-barang yang ingin dibeli. Selain itu cari situs yang memiliki gambar yang nyata dan deskripsi barang yang lengkap.

Tak jarang pula muncul promosi untuk gratis jasa pengiriman.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Anda Dapat Menemukan Penawaran Hebat Melalui Keanggotaan Toko

Bulan Ramadhan, Perlengakapan Ibadah Mulai Ramai Diburu
Perbesar
Calon pembeli memilih perlengkapan ibadah di pasar Tanah Abang Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Saat bulan Ramadhan, umat muslim ramai berbelanja perlengkapan ibadah seperti, tasbih, sajadah, peci dan baju muslim untuk dipergunakan saat beribadah di bulan suci. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika ada merek atau toko yang sangat Anda sukai, daftarkan diri untuk kartu keanggotaan atau masuk ke daftar email mereka untuk menerima penawaran khusus.

Biasanya tawar-menawar tidak akan terjadi jika Anda tidak membutuhkannya, tetapi kadang-kadang  penjualan turun pada saat Anda benar-benar membutuhkan sesuatu. Dengan memiliki keanggotaan toko tertentu, akan memberi Anda informasi tentang kapan penjualan khusus ini terjadi.

6. Membuat Pakaian Sendiri

Menjahit pakaian Anda sendiri memang tidak akan menghemat waktu, tetapi bisa menghemat uang jika membeli kain dan menggunakan kembali pola atau bahkan membuat pola sendiri.

Selain berhemat, Anda juga bisa belajar meningkatkan keterampilan tangan dengan menjahit, bisa pula untuk mengkreasikan sendiri pakaian yang diinginkan.

Ada banyak sumber gratis yang dapat Anda ikuti untuk belajar menjahit. Ini adalah sumber yang bagus untuk pemula yang tidak memiliki waktu atau uang untuk kelas formal.

Dengan belanja cerdas dan mengetahui apa yang Anda perlukan sebelum membutuhkannya, akan menyelamatkan Anda dari membayar harga pakaian mahal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓