Sukses

Nongkrong Bareng Pengusaha Kopi, Sandiaga Uno Terima Aduan soal Perizinan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendapat banyak masukan dan keluhan para pengusaha kopi dan warung kopi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Diajak ngopi bareng para pengusaha kopi di Pameran Kopi Craft Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendapat banyak masukan dan keluhan para pengusaha kopi dan warung kopi di Indonesia.

Seperti yang diungkapkan Eko, pemilik Kedai Kopi Guyon ini mengaku kesulitan dalam mengurus perizinan dan juga terbentur soal aturan yang berlaku, terlebih di masa Pandemi Covid-19, dimana aturan bisa berubah sewaktu-waktu.

"Kedai saya di Cipete ini kan jadi tempat nongkrong, berdiskusi para barista yang sudah selesai bekerja di masing-masing warung kopinya. Dan memang kendala kami anak muda yang memang hanya memiliki kedai kopi dalam bentuk gerobakan, kami terbentur soal aturan dan perijinan," tutur Eko, Rabu (9/6/2021).

Bahkan, sering kali, ketika kedai kopi miliknya dan teman-temannya beroperasi, dihampiri petugas Satpol PP hanya sekedar menanyakan perizinan. Lalu, ketika surat izin yang dimiliki diperlihatkan kepada petugas, petugas mengelak bukan itu izin yang dimaksud.

"Ketika kami tunjukan surat izin yang dimiliki, katanya bukan itu yang dimaksud. Jadi kami harus memiliki surat izin yang seperti apa," keluh Eko.

Keresahan Eko ini pun langsung dijawab Sandiaga Uno. Dia berjanji, bakal membawa pejabat terkait di Provinsi Jakarta, untuk menyelesaikan persoalan perijinan ini.

"Saya kenal baik Wali Kotanya, lalu kita ajak juga Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, datangi kedainya. Harus ada solusi soal perijinan dan berbagai aturan ini, dan tentunya harus berpihak pada pelaku ekonomi kreatif," tutur Sandiaga Uno.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diakui Sandiaga Uno

Menurut Sandiaga, soal perizinan memang masih menjadi PR. "Bisa kita serap mereka menginginkan perizinan yang lebih friendly, kondusif mendorong mereka memiliki kepastian usaha, itu PR kita," katanya.

Sandiaga pun optimis, bila industri kopi nusantara kedepannya akan semakin berkembang. Ditambah pelaku bisnisnya adalah para anak muda, dimana mereka dikenal dengan berbagai ide pengembangan bisnis yang kekinian.

"Jadi kopi Indonesia ini bisa sebagai cara kita menceritakan, mendongengkan indahnya Indonesia seperti apa. Terutama di kancah internasional," tuturnya.

Hal tersebut pun terlihat dalam berbagai jenis kopi Indonesia di pameran Kopi Craft Indonesia di Summarecon Mal Serpong. Mulai dari kopi khas dari tanah Jawa, tanah Sumatera, Aceh, hingga ke Papua.

"Jadi, setiap jenis kopi dari masing-masing wilayah di Indonesia itu berbeda, punya rasa yang istimewa dan unik tersendiri," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.