Mundur dari CEO Amazon, Miliarder Jeff Bezos Bakal ke Luar Angkasa Bulan Depan

Oleh Liputan6.com pada 08 Jun 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 21:00 WIB
FOTO: Jeff Bezos Mundur dari CEO Amazon
Perbesar
CEO Amazon Jeff Bezos berbicara kepada media tentang upaya keberlanjutan perusahaan di Washington, Amerika Serikat, 19 September 2019. Jeff Bezos mengajak agar staf Amazon tidak takut berinovasi. (ERIC BARADAT/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Usai mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Amazon, orang terkaya dunia, Jeff Bezos akan melakukan perjalanan ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada Juli 2021 mendatang.

Jeff Bezos akan menjadi penumpang pertama dalam penerbangan antariksa milik perusahaannya, Blue Origin. Blue Origin dilaporkan akan melakukan penerbangan berpenumpang pada 20 Juli mendatang.

"Saya ingin mengikuti penerbangan ini karena ini hal yang paling saya inginkan dalam hidup," kata Jeff Bezos dalam sebuah video yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya, @jeffbezos, demikian dikutip dari CNBC, Selasa (8/6/2021).

Tidak hanya Jeff Bezos, sang adik Mark Bezos, juga akan bergabung dalam penerbangan antariksa berpenumpang pertama Blue Origin.

Satu penumpang lainnya adalah seorang pemenang lelang untuk satu kursi di penerbangan tersebut.

Sekadar informasi, kursi penerbangan antariksa Blue Origin terjual melalui lelang dengan penawaran USD 2,8 juta pada Senin lalu, lima hari sebelum lelang ditutup.

"Saya tidak menduga dia akan ada di penerbangan pertama. Betapa kesempatan yang luar biasa, tidak hanya karena bisa mengikuti petualangan ini, tetapi juga karena melakukannya dengan sahabat saya," kata Jeff  Bezos, mengungkap kegembiraan karena bisa terbang ke angkasa bersama sang adik. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Undur Diri dari Jabatan CEO Amazon

Kantor Amazon Dihebohkan Ancaman Bom
Perbesar
Jeff Bezos, sang CEO Amazon juga sedang berada di dalam gedung saat itu.

Sebelumnya, Jeff Bezos telah mengumumkan diri untuk mundur dari posisi sebagai Chief Executive Officer (CEO) pada 5 Juli 2021. Ia mengumumkan hal tersebut saat rapat umum pemegang saham tahunan Amazon pada Rabu, 26 Mei 2021.

Jeff Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy, yang selama ini memimpin Amazon Web Services. Bezos akan menjadi Executive Chairman Amazon setelah hampir 30 tahun memimpin raksasa internet yang menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Amazon mengumumkan pergantian pimpinan ini saat laporan kinerja pada Februari 2021. Jassy akan mengambil alih posisi pada kuartal ketiga tahun fiskal. Sebelumnya Amazon tidak memberitahukan waktu transisi. "Waktu sangat sentimental," ujar Bezos, dilansir dari CNN, Kamis (27/5/2021).

5 Juli merupakan tanggal Amazon didirikan pada 1994. "Saya sangat bersemangat untuk pindah peran menjadi chairman. Saya akan fokus pada energi dan perhatian untuk produk baru dan inisiatif awal,” ujar Bezos.

Pada Februari 2021, Jeff Bezos mengharapkan dapat memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan usaha di luar perusahaan seperti Bezos Earth Fund dan Blue Origin.

Jeff Bezos menuturkan, Jassy yang telah bekerja selama 24 tahun dan naik pangkat untuk menjalankan divisi yang paling menguntungkan akan menjadi pemimpin yang luar biasa.

"Dia memiliki standar tertinggi dan saya jamin Andy tidak akan pernah membiarkan alam semesta menjadikan kita khas. Dia memiliki energi yang dibutuhkan untuk tetap hidup dalam diri kami, apa yang membuat kami istimewa,” ujar dia. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓