Sukses

Dijamin Berhasil! Ini 7 Tips Memulai Bisnis Baru

Lakukan beberapa tips ini untuk keberhasilan menjalankan bisnis baru.

Liputan6.com, Jakarta - Saat sedang memulai bisnis untuk pertama kalinya, jangan pernah takut gagal. Gagal adalah hal biasa dan wajar terjadi saat Anda baru memulai sesuatu. Namun, bisnis baru tersebut dapat dipersiapkan secara matang agar memiliki peluang untuk sukses.

Melansir dari laman the balance small business, beberapa tips ini dapat membantu Anda yang sedang memulai bisnis.

1. Bersemangat

Anda tidak harus menyukai apa pun tentang bisnis, tetapi bersemangat tentang hal itu adalah yang utama. Dalam memulai sebuah bisnis, Anda akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk membangunnya menjadi perusahaan yang sukses.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk benar-benar menikmati apa yang sedang dijalani dan dilakukan.

 

2. Mulailah Saat Anda Masih Bekerja

Orang tidak dapat hidup tanpa uang berlama-lama. Butuh waktu lama sebelum bisnis baru Anda benar-benar menghasilkan keuntungan. 

Saat sedang merintis bisnis baru berarti Anda harus memiliki uang di saku yang berguna sebagai modal awal saat menjalani proses untuk memulainya. Jadi, ada baiknya pada saat memulai bisnis tersebut, Anda masih memiliki pemasukan dari pekerjaan sebelumnya.

Itu berguna jika bisnis Anda ternyata terhenti di perjalanan, Anda masih memiliki cadangan uang untuk melanjutkan hidup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan Lakukan Sendiri

Anda memerlukan sistem pendukung saat memulai bisnis dan sesudahnya. Anggota keluarga atau teman yang dapat dijadikan panutan dan yang akan mendengarkan dengan simpatik krisis permulaan bisnis terbaru sangat berharga. 

Lebih baik lagi, carilah mentor atau jika Anda memenuhi syarat, ajukan permohonan untuk program memulai bisnis seperti yang disediakan di beberapa tempat. Ketika memulai bisnis, bimbingan dari orang yang berpengalaman adalah sistem pendukung terbaik dari semuanya.

 

4. Jadilah Profesional

Beri tahu orang-orang bahwa Anda adalah seorang profesional yang menjalankan bisnis yang serius. Salah satu caranya adalah dengan membuat perlengkapan seperti kartu nama profesional, telepon bisnis, dan alamat email bisnis, dan memperlakukan orang dengan cara yang profesional dan sopan.

 

5. Dapatkan Klien atau Pelanggan yang Banyak

Jangan menunggu sampai Anda secara resmi memulai bisnis untuk menyusun ini, karena bisnis tidak dapat bertahan tanpa mereka. Jangkau relasi sebanyak mungkin dan lakukanlah kontak. Jual atau bahkan berikan produk atau layanan tersebut. 

Untuk tahap awal, Anda memang tidak dapat memulai pemasaran terlalu cepat. Tidak masalah jika itu perlahan namun tetap harus meningkat. 

 

3 dari 3 halaman

6. Lakukan Riset

Lakukan banyak riset untuk menulis rencana bisnis, tetapi itu baru permulaan. Saat memulai bisnis, Anda harus menjadi ahli dalam industri, produk, dan layanan. Bergabung dengan industri terkait atau asosiasi profesional sebelum Anda memulai bisnis adalah ide bagus.

 

7. Dapatkan Bantuan Profesional

Di sisi lain, hanya karena memulai bisnis, tidak berarti Anda harus menjadi ahli dalam segala hal. Jika Anda bukan seorang akuntan, pekerjakan orang untuk membantu dalam hal itu. 

Jika perlu menulis kontrak, dan Anda bukan pengacara, tidak ada salahnya untuk menyewa pengacara. Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk ini, tetapi semuanya akan berjalan lancar dan tidak akan sia-sia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.