Tak Ada Lagi Pendaftaran Kartu Prakerja hingga Akhir Juni 2021

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 07 Jun 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id
Perbesar
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja memastikan tak akan lagi membuka program perekrutan hingga akhir Juni 2021 pasca pendaftaran gelombang 17 berakhir pada Senin (7/6/2021) pukul 23.59 WIB.

"Gelombang 17 adalah gelombang terakhir untuk semester 1/2021," jelas Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Senin (7/6/2021).

Louisa menyampaikan, waktu pendaftaran pada gelombang 17 ini tergolong lebih singkat dibanding tahap-tahap sebelumnya sejak dibuka Sabtu (5/6/2021). Ini lantaran kuota yang tersedia juga tak banyak.

"Durasi pembukaan gelombang 17 memang tidak lama karena kuota yang tersedia hanya 44 ribu," kata Louisa.

Adapun pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 diadakan di luar jadwal untuk menyerap kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut lantaran tidak membeli program pelatihan dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Oleh karenanya, Louisa menyatakan jika gelombang 17 jadi tahap akhir dalam perekrutan program Kartu Prakerja di semester I 2021. Sebab target penerima pelatihan dan bantuan telah mencapai target.

"Dengan penutupan gelombang 17 maka target penyerapan 2,7 juta penerima Kartu Prakerja di Semester 1 tahun 2021 dengan dana Rp 10 triliun telah terpenuhi," tutur Louisa.

Terakhir Hari Ini, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Biar Lolos Seleksi

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id
Perbesar
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja akan menutup pendaftaran untuk gelombang 17 pada hari ini, 7 Juni 2021 pukul 23.59 WIB. Adapaun kuota yang disediakan untuk periode kali ini hanya sekitar 40.000 orang.

Bagi yang tertarik mengikuti proses seleksi, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id untuk membuat akun. Setelah akun diverifikasi, maka segera login untuk mengikuti proses seleksi.

"Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Kartu Prakerja Gelombang 17 agar dapat masuk ke tahap seleksi," demikian dikutip dari Instagram @prakerja.go.id.

Berikut rincian cara mengikuti seleksi Kartu Prakerja Gelombang 17:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun

3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

4. Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka

5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Sebelum mengikuti seleksi Kartu Prakerja Gelombang 17, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, merupakan Warga Negara Indonesia, kemudian berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓