Sukses

Kemenhub Dapat Tugas Khusus Sulap 3 Pelabuhan Ini Jadi Proyek Andalan

Kementerian Perhubungan mendapatkan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengembangan tiga pelabuhan di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan kementeriannya mendapatkan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengembangan tiga pelabuhan di Tanah Air. Ketiganya adalah Pelabuhan Patimban di Jawa Barat, Pelabuhan Tanjung Carat di Sumatera Selatan, dan Pelabuhan New Ambon di Maluku.

"Secara khusus Kemenhub mendapatkan penugasan dari Bapak Presiden yaitu melakukan penyelesaian dan optimalisasi Patimban, pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, dan Pelabuhan New Ambon," ungkap Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI beberapa waktu lalu.

Tujuan dari pembangunan ini yaitu untuk meningkatkan konektivitas logistik nasional. Selain itu, juga mendorong peningkatan ketiga proyek menjadi proyek andalan.

Semua penugasan ini ditargetkan akan selesai pada 2023.

Terkait pengembangan New Ambon dan Palembang, Budi mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antara pelabuhan, kawasan industri perikanan dan pelabuhan perikanan harus disatukan di satu kawasan.

Oleh sebab itu, Kemenhub mempersiapkan dengan segera segala sesuatu terkait rencana menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). "Dan New Palembang Port sebagai Pelabuhan Hub di Sumatera Selatan," katanya.

Lebih lanjut, Budi menyoroti isu strategis dalam penyusunan rencana kerja Kemenhub Tahun Anggaran 2022. Hal ini terkait fiskal pagu indikatif 2022 yang turun sebesar 20,35 persen dibandingkan 2021, atau terdapat gap sebesar Rp 8.414.182.700.000 menjadi Rp 32,9 triliun.

"Kemenhub akan menyusun kegiatan dan anggaran 2022 berdasarkan skala prioritas, serta mendorong pendanaan melalui alternatif sumber pendanaan yang berasal dari PNBP/BLU, SBSN, PLN dan creative financing melalui KPBU dan KSP dan dalam bentuk kerja sama lainnya," jelas Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menhub Budi Karya Dapat Tugas Khusus dari Jokowi, Kembangkan 3 Pelabuhan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapatkan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Tanjung Carat, dan Pelabuhan New Ambon. Pengembangan 3 pelabuhan ini dalam rangka meningkatkan konektivitas logistik nasional.

"Secara khusus Kementerian Perhubungan dapat penugasan dari Bapak Presiden yaitu melakukan penyelesaian, optimalisasi, dan pembangunan pelabuhan-pelabuhan tersebut," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, dikutip dari Antara, Rabu (2/6/2021).

Menhub Budi Karya mengatakan Presiden Jokowi memberikan arahan agar pengembangan dan pembangunan pelabuhan-pelabuhan baru tersebut mampu mendorong peningkatan proyek-proyek andalan lainnya.

Ia mengatakan Kemenhub akan melakukan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antara pelabuhan, kawasan industri perikanan, dan pelabuhan perikanan dalam satu kawasan.

Untuk melaksanakan hal tersebut, lanjut Menhub, pihaknya diberikan target untuk menyelesaikan pada tahun 2023.

"Kemenhub mempersiapkan segera segala sesuatu terkait rencana menjadikan Maluku sebagai lumbung ikan nasional dan New Palembang Port sebagai pelabuhan hub di Sumatera Selatan," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.