Sukses

3 Tips Mudah Berhemat Saat Belanja Bahan Makanan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Melakukan penghematan pengeluaran saat berbelanja bahan makanan adalah hal yang ingin dilakukan semua orang. Hal ini disebabkan karena harga yang bahan pokok yang akan terus naik dan kondisi ekonomi di seluruh dunia.

Menjadi sangat penting mulai sekarang untuk membelanjakan uang dengan bijak termasuk dalam berbelanja kebutuhan sekalipun.

Melansir dari laman magforwoman, Kamis (2/6/2021), berikut beberapa tips utama untuk menghemat pengeluaran untuk bahan makanan.

1. Membuat daftar belanja yang rinci

Setiap kali melewati toko kelontong, Anda tidak perlu mengintip atau melihat-lihat ke dalam dan mengambil beberapa barang.

Jadi, mulailah untuk mengatur diri sendiri dengan cara membuat daftar belanjaan yang berbentuk catatan kecil tentang hal-hal yang mungkin Anda perlukan di akhir minggu.

Organisasi adalah mantra yang paling penting dari tips tentang bagaimana Anda bisa menghemat pengeluaran belanjaan.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Belanja seminggu sekali

Ini mungkin bisa menjadi sangat mudah. Belanja sekali setiap minggu untuk semuanya dan pilih hari untuk tujuan tertentu itu.

Setelah Anda membeli bahan makanan, tempelkan catatan di lemari es di mana Anda akan meletakkan barang-barang yang mungkin diperlukan untuk minggu depan, jika dan ketika kehabisan.

Dengan begitu, pada akhir minggu Anda akan memiliki daftar barang-barang yang dibutuhkan serta dapat mengatur belanja yang sekiranya akan dibeli. Jangan melihat-lihat ke lorong yang tidak diperlukan setiap berbelanja.

3. Gunakan kupon diskon

Selalu ada kupon diskon yang tersedia untuk toko-toko tertentu yang dapat Anda ambil. Banyak orang yang memanfaatkan harga yang lebih murah ini untuk memborong kebutuhan-kebutuhan rumah yang pasti digunakan setiap harinya.

Jika beberapa harga kebutuhan sehari-hari telah diturunkan atau diskon, selalu ambil lebih banyak dari yang Anda perlukan untuk minggu itu, sehingga persediaan tersebut mungkin dapat digunakan lebih dari batas waktu yang biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.