3 Tips Mudah Berhemat Saat Belanja Bahan Makanan Sehari-hari

Oleh Helena Yupita pada 03 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi belanja - groceries
Perbesar
Ilustrasi belanja - groceries (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)

Liputan6.com, Jakarta Melakukan penghematan pengeluaran saat berbelanja bahan makanan adalah hal yang ingin dilakukan semua orang. Hal ini disebabkan karena harga yang bahan pokok yang akan terus naik dan kondisi ekonomi di seluruh dunia.

Menjadi sangat penting mulai sekarang untuk membelanjakan uang dengan bijak termasuk dalam berbelanja kebutuhan sekalipun.

Melansir dari laman magforwoman, Kamis (2/6/2021), berikut beberapa tips utama untuk menghemat pengeluaran untuk bahan makanan.

1. Membuat daftar belanja yang rinci

Setiap kali melewati toko kelontong, Anda tidak perlu mengintip atau melihat-lihat ke dalam dan mengambil beberapa barang.

Jadi, mulailah untuk mengatur diri sendiri dengan cara membuat daftar belanjaan yang berbentuk catatan kecil tentang hal-hal yang mungkin Anda perlukan di akhir minggu.

Organisasi adalah mantra yang paling penting dari tips tentang bagaimana Anda bisa menghemat pengeluaran belanjaan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Belanja seminggu sekali

Ilustrasi shopping, belanja
Perbesar
Ilustrasi shopping, belanja. (Photo by freestocks on Unsplash)

Ini mungkin bisa menjadi sangat mudah. Belanja sekali setiap minggu untuk semuanya dan pilih hari untuk tujuan tertentu itu.

Setelah Anda membeli bahan makanan, tempelkan catatan di lemari es di mana Anda akan meletakkan barang-barang yang mungkin diperlukan untuk minggu depan, jika dan ketika kehabisan.

Dengan begitu, pada akhir minggu Anda akan memiliki daftar barang-barang yang dibutuhkan serta dapat mengatur belanja yang sekiranya akan dibeli. Jangan melihat-lihat ke lorong yang tidak diperlukan setiap berbelanja.

3. Gunakan kupon diskon

Selalu ada kupon diskon yang tersedia untuk toko-toko tertentu yang dapat Anda ambil. Banyak orang yang memanfaatkan harga yang lebih murah ini untuk memborong kebutuhan-kebutuhan rumah yang pasti digunakan setiap harinya.

Jika beberapa harga kebutuhan sehari-hari telah diturunkan atau diskon, selalu ambil lebih banyak dari yang Anda perlukan untuk minggu itu, sehingga persediaan tersebut mungkin dapat digunakan lebih dari batas waktu yang biasanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya