Sandiaga Uno Bakal Tindak Hotel Esek-Esek

Oleh Liputan6.com pada 02 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 13:00 WIB
Cara Menparekraf Sandiaga Uno Bangkitkan Desa Wisata
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Cinta Laura mengenalkan Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat dengan kolaborasi membuat konten. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan akan melakukan pemantauan industri perhotelan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan hotel sebagai tempat penginapan yang dijadikan tempat prostitusi online alias hotel esek-esek.

"Kebijakan pemantauan industri perhotelan akan kami pantau untuk antisipasi penyalahgunaan hotel sebagai tempat prostitusi online," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief 2021, di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Sandiaga mengajarkan pemerintah akan menindak tegas bagi perhotelan yang menjalankan bisnis haram tersebut. Bisnis yang memanfaatkan kesempatan ditengah permintaan hunian kamar hotel yang turun selama pandemi Covid-19.

"Kami akan tindak tegas hotel yang jalankan prostitusi online," kata dia.

Tidak bekerja sendiri, Sandiaga akan menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Untuk kasus prositusi online ini kami akan bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KPAI," kata Sandiaga Uno.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Cinta Laura Kolaborasi Promosikan Desa Wisata

Cara Menparekraf Sandiaga Uno Bangkitkan Desa Wisata
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Cinta Laura dan Ega D'Academy sosialisasi Anugerah Desa Wisata 2021 di Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Inovasi dan kreativitas menjadi salah satu modal utama dalam upaya meningkatkan ekonomi dan pariwisata di daerah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sentuhan masyarakat milenial sangat berpengaruh dalam mengangkat potensi desa wisata.

Menurutnya, pandemi covid-19 memaksa seluruh pihak untuk melakukan adaptasi, innovasi, dan kolaborasi saat ini.

"Begitu juga dengan masyarakat pedesaan yang harus dapat menggali potensi parekraf lewat kearifan lokal. Potensi tersebut dapat dikembangkan lewat ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021," kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Senin (31/5/2021).

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mengajak Cinta Laura dan Ega D'Academy Indosiar. Mereka membuat sebuah konten yang memperkenalkan potensi Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan.

Menurut dia, kebijakan meningkatkan potensi desa wisata dengan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan bagian dari kebijakan yang berkeadilan.

"Konten ini diharapkan bisa menginspirasi desa lain untuk bangkit membangun desa wisata. Banyak masyarakat yang terlibat dalam desa wisata karena selama ini pemperitah pusat hanya fokus program yang belum tentu menyentuh kepada masyarakat di lapisan terbawah," ujar dia.

Dia menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan bagian dari kesiapan kebangkitan ekonomi nasional. Terdapat kebijakan berkeadilan yang diharapkan bisa memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓