Sukses

15 Rusun Dibangun untuk Dukung PON XX 2021 Papua

Kementerian PUPR membangun 15 rumah susun (rusun) dipersiapkan untuk sarana akomodasi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua. Sebanyak 15 rumah susun (rusun) dipersiapkan untuk sarana akomodasi pelaksanaan ajang olahraga tersebut.

"Total anggaran pembangunan rumah susun sebanyak 15 tower untuk mendukung ajang PON XX di Papua kurang lebih sebesar Rp 330,4 miliar," ujar Plt Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Maryoko Hadi dalam keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

Maryoko mengatakan, pembangunan hunian vertikal ini selain membantu proses pelaksanaan PON XX, juga sangat membantu bagi penerima manfaat untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni di Papua.

Lebih lanjut, Maryoko menerangkan, pembangunan rusun tersebut dapat berjalan dengan baik berkat adanya koordinasi yang baik antara Kementerian PUPR dan pemerintah daerah setempat, dan juga PB PON Papua sebagai Panitia Penyelenggara PON XX Papua Tahun 2021.

"Sebanyak 15 tower rumah susun di Papua tersebar di tiga wilayah, yakni Kabupaten Jayapura (5 tower), Kabupaten Merauke (5 tower), dan Kota Jayapura (5 tower)," jelas dia.

"Rusun tersebut nantinya juga akan diperuntukkan bagi ASN, TNI/POLRI, pelajar/mahasiswa, santriwan/santriwati, serta jamaat gereja setelah pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akomodasi Memadai

Sementara Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Faisal Soedarno mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan petugas dari Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua untuk mendukung pelaksanaan acara bergengsi yang digelar di Provinsi Papua.

"Program pembangunan rusun, imbuhnya, telah dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 ini," katanya.

Dalam pelaksanaan PB PON XX 2021 Papua, pihak panitia disebutnya membutuhkan sarana akomodasi memadai. Sehingga Kementerian PUPR memberikan Bantuan Penggunaan Sementara Rumah Susun yang telah dibangun.

"Selain bangunan rusun, Kementerian PUPR juga menganggarkan Rp 21,6 miliar untuk Dukungan Peningkatan Bangunan dan Peningkatan Kualitas Bangunan berupa pemasangan pendingin ruangan, area parkir dan pagar keliling demi kenyamanan dan kemanan para atlet dan official sehingga bangunan tersebut siap digunakan," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.