Sukses

Pemerintah Bakal Manfaatkan Fasilitas Perhotelan Pasarkan Produk UMKM

Kementerian Perdagangan bersama sejumlah pihak berkolaborasi untuk meningkatkan permintaan produk UMKM

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan bersama sejumlah pihak berkolaborasi untuk meningkatkan permintaan produk UMKM melalui pemanfaatan fasilitas perhotelan, jasa akomodasi dan pemberian layanan perbankan.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin mengatakan kolaborasi tersebut sangat penting dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan permintaan dan pemberdayaan produk dalam negeri. Sebab UMKM memegang peranan penting dalam dan menjadi strategi utama dalam ketahanan perekonomian nasional.

"UMKM dalam kegiatan perekonomian punya peran penting dan strategis. Utamanya untuk menjaga ketahanan ekonomi," kata Dadang dalam acara: Perjanjian Kerja Sama Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Sektor Perdagangan Melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan, Jasa Akomodasi, dan Pemberian Layanan Perbankan di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (31/5).

Lebih lanjut dia menjelaskan, UMKM telah menjadi pilar utama dan menyumbang besar terhadap PDB negara, baik di skala nasional maupun daerah. Alasannya, UMKM mampu menyerap tenaga kerja dan dianggap sebagai katup pengaman negara.

"Bisa dilihat dari indikasinya yang mampu menyediakan lapangan usaha dan mampu menampung tenaga kerja, makanya UMKM ini disebut juga katup pengaman," kata dia.

Selain itu, dari sisi ketahanan usaha, pelaku UMKM memiliki daya tahan yang kuat. Tidak sedikit dari mereka yang masih bisa bertahan dan bangkit di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hanya saja, masalah utama UMKM terletak pada kualitas produk dan pengemasan yang kalah saing dengan industri besar. Mereka juga terhambat akses pemasaran produk yang jangkauannya masih terbatas.

Maka dari itu, dalam kerja sama ini, Pemerintah berkomitmen untuk memasarkan produk UMKM lewat berbagai upaya. Mulai dari pelatihan, pendampingan hingga akses ke pembiayaan. Apalagi di era digitalisasi ini kehadiran perbankan sangat ditunggu untuk menyuntikkan dana.

"Maka, peran perbankan ini sangat penting dalam pembiayaan dan digitalisasi dan pengembangan bisnis," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemprov DKI Jakarta

Dalam hal ini, Pemerintah DKI Jakarta akan memberikan dukungan dengan menyiapkan berbagai regulasi yang memudahkan para UMKM untuk mengembangkan produk dan berkreasi. Sehingga produk-produk buatan dalam negeri bisa dikenal lebih luas, tak hanya beredar di pasar lokal.

Adapun implementasi dari dari perjanjian kerja sama ini bakal memudahkan antar pihak berkepentingan untuk saling bertukar informasi dan data. Sehingga bisa memudahkan komunikasi antar pihak untuk kepentingan dan tujuan yang sama.

"Kerja sama ini bisa meningkatkan dan memudahkan komunikasi seperti pertukaran data dan informasi," kata dia.

Selain itu, di sektor perdagangan bisa bekerja sama pihak terkait, sehingga bisa meningkatkan pemasaran produk UMKM dengan mudah dan murah dengan kredit UMKM. Kerja sama ini diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi baik di daerah maupun secara nasional.

"Diharapkan kerjasama ini turut mensukseskan program pemulihan ekonomi nasional dan daerah dalam membangkitkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19," kata dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.