Sukses

Ketahui 10 Miliarder Milenial Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Terdapat sekitar 100 orang yang dapat dikategorikan sebagai miliarder milenial terkaya.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat 2.755 miliarder atau orang super kaya secara global. Apabila digabungkan, total nilai kekayaan mereka dapat melebihi USD 13 triliun.

Dari individu yang sangat kaya ini, hanya sekitar 100 orang yang dapat dikategorikan sebagai miliarder milenial, yang lahir antara tahun 1981 dan 1996.

Generasi muda ini mewakili sekitar 3,8 persen dari semua miliarder di dunia dengan total kekayaan bersih sebesar USD 573,1 miliar.

Menggunakan data dari Forbes, Visual Capitalist sebagaimana dilansir Senin (31/5/2021), memberi peringkat 10 miliarder milenial terkaya dan merinci sumber kekayaan, total kekayaan bersih, kebangsaan, dan usia mereka.

Sebagai catatan, Forbes mengkategorikan miliarder berdasarkan usia saat ini, atau di tahun 2021.  Bagi mereka yang sedikit di atas atau di bawah rentang usia milenial, artinya mereka yang saat ini berusia 24 atau 40 tahun (yaitu mereka mungkin lahir pada tahun 1996/1997 atau 1980/1981), jika tahun kelahiran mereka tidak dapat ditentukan secara akurat, mereka tidak dimasukkan dalam peringkat ini.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Siapakah Saja Mereka?

Milenial miliarder terkaya tertua akan berusia 40 tahun pada tahun 2021, sedangkan yang termuda baru berusia 25 tahun.

Artinya, miliarder milenial umumnya adalah miliarder termuda di dunia, kecuali dua Gen Z, yaitu Wang Zelong dari China yang berusia 24 tahun dan Kevin David Lehmann dari Jerman yang berusia 18 tahun.

Berikut adalah 10 miliarder milenial pada peringkat teratas, Siapa saja?

1. Mark Zuckerberg

Usia: 36 tahun

Kekayaan bersih: USD 97 miliar

Negara asal: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Facebook, jaringan media sosial yang dijalankan Zuckerberg, telah menjadi alat komunikasi utama selama pembatasan kegiatan sosial selama pandemi virus corona.

Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada 2004 pada usia 19 tahun untuk menyediakan sarana dimana siswa dapat mencocokkan nama dengan foto teman sekelas. Facebook resmi go public pada Mei 2012 dan Zuckerberg masih memiliki sekitar 15 persen saham.

Pada Desember 2015, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, berjanji untuk memberikan 99 persen saham Facebook yang mereka miliki selama hidup mereka.

2. Zhang Yiming

Usia: 37 tahun

Kekayaan bersih: USD 35,6 miliar

Negara asal: China

Industri: Teknologi

Zhang Yiming mengetuai Beijing ByteDance, salah satu platform konten media terbesar di China. Perusahaan swasta tersebut mengumpulkan dana investasi segar dengan nilai USD 75 miliar pada 2018.

ByteDance paling dikenal dengan aplikasi berita Toutiao dan aplikasi video sosial TikTok dimana pemegang sahamnya termasuk Sequoia Capital China.

Pada Agustus 2020, Presiden Trump memerintahkan ByteDance untuk menjual operasi TikTok di AS, transaksi yang diusulkan dengan Walmart dan Oracle tersebut masih berlangsung.

 

3 dari 7 halaman

3. Yang Huiyan dan keluarga

Usia: 39 tahun

Kekayaan bersih: USD 29,6 miliar

Negara asal: China

Industri: Real Estate

Yang Huiyan memiliki 57 persen dari pengembang real estat Country Garden Holdings, saham yang sebagian besar dialihkan kepadanya oleh ayahnya Yeung Kwok Keung pada tahun 2007.

Adik perempuan Yang, Ziyang, juga duduk di dewan Country Garden.

Yang memimpin Bright Scholar Education Holdings, sebuah perusahaan pendidikan Tiongkok yang go public di Bursa Efek New York pada tahun 2007.

Bibi Yang, Yang Meirong, memegang saham Bright Scholar dan merupakan anggota Daftar Orang Terkaya China versi Forbes 2017. Yang memegang gelar dari Universitas Negeri Ohio.

4. Dustin Moskovitz

Usia: 36 tahun

Kekayaan bersih: USD 17,8 miliar

Negara asal: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Dustin Moskovitz membantu meluncurkan Facebook pada tahun 2004 dengan teman sekamarnya, Mark Zuckerberg, dari asrama Harvard mereka.

Setelah meninggalkan jejaring sosial pada tahun 2008, ia mendirikan Asana, sebuah perusahaan perangkat lunak alur kerja. Namun, sebagian besar kekayaan bersihnya terletak di sekitar 2 persen sahamnya di Facebook.

Moskovitz dan istrinya telah membangun yayasan filantropi Good Ventures, yang telah memberikan jutaan dolar untuk pemberantasan malaria dan kesetaraan pernikahan.

Moskovitz dan Tuna juga merupakan pendukung utama Open Philanthropy Project, sebuah organisasi yang menyarankan para donor dan memberikan hibah.

5. Su Hua

Usia: 39 tahun

Kekayaan bersih: USD 17,8 miliar

Negara asal: China

Industri: Media dan hiburan

Su Hua mendirikan Kuaishou sebagai aplikasi pembuat GIF pada tahun 2011, kemudian mengubahnya menjadi platform berbagi video dan streaming langsung.

Aplikasi ini telah mengumpulkan basis pengguna yang luas (termasuk banyak di pedesaan Cina), melampaui lebih dari 110 juta pengguna aktif harian pada Desember 2017.

Didukung sebagian oleh perusahaan Internet China Tencent, nilai Kuaishou melonjak hingga USD 18 miliar yang dilaporkan pada Januari 2018.

Su, yang berasal dari Hunan, dilaporkan lahir di desa yang tidak memiliki listrik sampai tahun 1998. Sebelum mendirikan Kuaishou, Su bekerja sebagai programmer di Baidu dan Google.

 

4 dari 7 halaman

6. Pavel Durov

Usia: 36 tahun

Kekayaan bersih: USD 17,2 miliar

Negara asal: Rusia

Industri: Teknologi

Pavel Durov adalah pendiri dan pemilik aplikasi perpesanan Telegram, yang memiliki lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia.

Durov telah membuat Telegram gratis untuk digunakan dan aplikasi itu bersaing dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, yang dimiliki oleh Facebook.

Durov dikenal sebagai Zuckerberg dari Rusia karena ia juga menciptakan Vkontakte, jejaring sosial terbesar di Rusia. Dia mendirikan Vkontakte saat berusia 22 tahun.

Pada 2015, ia menjual 12 persen saham di jejaring sosial tersebut dengan harga sekitar USD 300 juta. Pada 2018 Pavel, bersama saudaranya Nikolai Durov, mengumpulkan USD 1,7 miliar dari investor untuk membuat TON, sistem blockchain berdasarkan Telegram.

7. Lukas Walton

Usia: 34 tahun

Kekayaan bersih: USD 15,6 miliar

Negara asal: Amerika Serikat

Industri: Pakaian dan ritel

Lukas Walton adalah cucu dari pendiri Walmart, Sam Walton. Dia mewarisi kekayaannya ketika ayahnya, John Walton, meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 2005.

Dia menerima sekitar sepertiga dari harta ayahnya dan ibunya, Christy Walton, mendapat sekitar seperenam.

Dia memiliki saham di Walmart, First Solar, dan Arvest Bank, meskipun dia tidak bekerja untuk perusahaan tersebut.

Walton telah menyumbangkan setidaknya USD 149 juta untuk yayasan keluarganya, dimana dia mengetuai komite program lingkungan.

8. Eduardo Saverin

Usia: 39 tahun

Kekayaan bersih: USD 14,6 miliar

Negara asal: Brazil

Industri: Teknologi

Saverin mendirikan Facebook dengan teman sekelasnya di Harvard, Mark Zuckerberg pada tahun 2004. 

Sekarang dia adalah seorang kapitalis ventura, dia masih memperoleh sebagian besar kekayaannya dari sahamnya yang kecil tapi berharga di Facebook.

Pada tahun 2016, ia meluncurkan dana ventura B Capital, dengan BCG dan veteran Bain Capital Raj Ganguly. Sejauh ini, mereka telah mengumpulkan USD 766 juta dan berinvestasi di perusahaan teknologi tahap akhir di Asia, Eropa, dan AS.

Berasal dari Brasil, Saverin telah menjadi penduduk Singapura sejak melepaskan kewarganegaraan AS pada 2012 menjelang IPO Facebook.

9. Cheng Yixiao

Usia: 37 tahun

Kekayaan bersih: USD 14,1 miliar

Negara asal: China

Industri: Media dan hiburan

Chen adalah salah satu pendiri Kuaishou, platform video pendek yang berkantor pusat di Beijing. Investor dari perusahaan tersebut termasuk perusahaan raksasa teknologi dan internet asal China, Tencent.

Salah satu pendiri Kuaishou, Su Hua, juga seorang miliarder.

5 dari 7 halaman

10. Brian Chesky

Usia: 39 tahun

Kekayaan bersih: USD 13,7 miliar

Negara asal: Amerika Serikat

Industri: Teknologi

Brian Chesky mendirikan kamar peer-to-peer dan perusahaan persewaan rumah Airbnb dengan Nathan Blecharczyk dan Joe Gebbia pada tahun 2008. Chesky merupakan CEO.

Airbnb go public dalam IPO besar-besaran pada 10 Desember 2020, dengan harga saham lebih dari dua kali lipat menjadi lebih dari USD 144.

Chesky adalah putra dari dua pekerja sosial dan dia menghasilkan US$ 40.000 setahun sebagai desainer industri di Los Angeles sebelum Airbnb lepas landas.

Pandemi telah merusak bisnis Airbnb. Meski dikabarkan akan go public pada tahun 2020, Forbes menyebut dibutuhkan dana USD 2 miliar dari perusahaan ekuitas swasta pada bulan April untuk tetap bertahan.

Dengan peringkat di atas, AS adalah rumah bagi banyak miliarder milenial dengan total keseluruhan sebanyak 33. Sementara China berada di urutan kedua dengan 23 miliarder milenial dan sebagian besar negara lain tertinggal jauh.

Di AS, miliarder milenial sering dikaitkan dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Snapchat, Airbnb, dan Facebook. Sedangkan yang lainnya adalah pewaris kekayaan keluarga yang sangat besar seperti Lukas Walton, cucu dari Sam Walton, pendiri Walmart dan kepala keluarga terkaya di Amerika.

Di China, beberapa miliuner milenial sangat menonjol, seperti pendiri Relx, Kate Wang. Wanita berusia 39 tahun itu memulai perusahaan rokok elektrik dan vape hanya tiga tahun lalu, pada usia 36, dan diperkirakan akan segera bersaing untuk mendapatkan gelar wanita terkaya di China.

6 dari 7 halaman

Gabungan Kekayaan

Secara keseluruhan, kekayaan bersih gabungan miliarder mencapai USD 8 triliun dibandingkan tahun 2020 dengan sekitar 493 orang baru ditambahkan ke daftar pada tahun 2021.

Faktanya, 86 persen dari semua miliarder lebih kaya dari tahun lalu. Tapi mari kita lihat bagaimana kekayaan berubah bagi kaum milenial di klub miliuner. Berikut ini perbedaan kekayaan bersih dari tahun 2020 hingga 2021 untuk lima milenial terkaya:

  • Mark Zuckerberg: + USD 35 miliar
  • Zhang Yiming: + USD 19,4 miliar
  • Yang Huiyan: + USD 9,3 miliar
  • Dustin Moskovitz: + USD 8,5 miliar
  • Su Hua: + USD 14,9 miliar

Untuk masing-masing dari 25 miliarder milenial teratas, kekayaan bersih meningkat atau tidak berubah (atau mereka baru menyandang gelar miliarder). Ini berlaku untuk semua kecuali satu orang, yakni Lukas Walton, yang kekayaan bersihnya turun hampir USD 3 miliar dari tahun 2020 hingga 2021.

7 dari 7 halaman

Generasi Milenial Biasa

Meskipun ada sekitar 106 miliarder milenial di seluruh dunia, kekayaan bersih gabungan mereka hanya sebagian kecil dari total kekayaan miliuner. Jadi seberapa besar kekuatan dan pengaruh ekonomi yang dimiliki oleh generasi ini?

Ketika melihat kekayaan rata-rata milenial Amerika, Generational Power Index telah menentukan bahwa generasi muda ini hanya memegang 9,6 persen dari kekuatan ekonomi di AS. 

Berikut sekilas metrik kekayaan milenial di AS:

  • Milenial hanya merupakan 7 persen dari pemimpin bisnis Amerika
  • Mereka memiliki USD 73 miliar dalam bentuk ekuitas dan saham reksa dana
  • Mereka mewakili 13 persen pemimpin bisnis kecil
  • Mereka membuat 7 persen dari kekayaan miliarder Amerika

Secara global, diperkirakan ada 1,8 miliar milenial. Di antara kelompok itu, ada lebih dari 100 orang yang bernilai miliaran dan mengingat banyak yang masih berada di tahap awal karier mereka, kemungkinan akan ada banyak miliarder milenial yang akan datang.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.