Tips Aman Bertransaksi di ATM

Oleh Tira Santia pada 31 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 08:00 WIB
Mesin Kartu ATM
Perbesar
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Anjungan Tunai Mandiri (ATM) semakin populer sejak diperkenalkan pada tahun 1967. Dari penarikan tunai dan penyetoran hingga transfer, sejumlah besar transaksi keuangan dapat diselesaikan di ATM.

ATM memiliki sedikit keunggulan sebagai satu-satunya saluran selain cabang bank yang dapat memberi Anda akses ke uang tunai dan bahkan pembayaran tunai masih merupakan kebutuhan dari waktu ke waktu.

Selain kemudahan, ATM pada umumnya juga aman dan terjamin untuk digunakan. Namun, seperti kebanyakan hal finansial, penjahat mencari cara untuk menipu korban yang tidak menaruh curiga.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan tidak menjadi korban penipuan selama menggunakan ATM dilansir dari laman Citibank.ae, Senin (31/5/2021):

1. Kartu

Aturan praktis yang baik adalah memperlakukan kartu Anda seperti uang tunai. Jangan pernah meminjamkannya kepada siapa pun, dan selalu masukkan kembali ke dompet Anda setelah digunakan, jangan biarkan tergeletak sembarangan.

2. PIN

Hapalkan PIN Anda dan jangan menuliskannya di bagian belakang kartu Anda. Jangan menggunakan nomor yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nomor telepon Anda dan jangan pernah membagikannya dengan siapa pun.

Jika terjadi penipuan, sulit untuk melacak pelakunya jika Anda telah membagikan PIN Anda dengan orang lain. Pada dasarnya, lindungi PIN Anda seperti Anda akan melindungi kata sandi untuk akun online Anda. Jika ada antrean di belakang Anda saat menggunakan ATM, gunakan tubuh dan / atau tangan Anda untuk melindungi keypad saat memasukkan pin.

3. Pilih ATM yang aman

Terutama pada malam hari, pilihlah ATM di tempat yang terang benderang dan terlihat. Hindari ATM di daerah terpencil. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa atau asing tentang ATM tertentu, cari ATM lain untuk digunakan dan beri tahu bank tentang perbedaan tersebut. Jika Anda menyadarinya setelah Anda memulai transaksi Anda, cukup batalkan transaksi dan cari mesin lain.

 

4. Perhatikan Lingkungan

kesehatan
Perbesar
ilustrasi kertas ATM/copyright Shutterstock

Saat menggunakan ATM, waspadai lingkungan sekitar Anda. Jika menggunakan ATM drive-through, pastikan pintu mobil Anda terkunci dan jendela digulung, kecuali jendela tempat Anda bertransaksi.

Jika Anda harus keluar dari mobil untuk menggunakan ATM, pastikan Anda mengunci pintu mobil dengan benar setelah turun, dan menyimpan kunci saat Anda kembali. Jangan menerima "bantuan" dari sembarang orang yang berkeliaran di sekitar ATM.

5. Efisien di ATM

Tahu persis apa yang ingin Anda lakukan sebelum giliran Anda. Siapkan kartu Anda sehingga Anda tidak perlu repot-repot merogoh tas atau saku untuk mengambilnya. Dan jangan lupa untuk mengambilnya bersama dengan tanda terima dan barang pribadi lainnya, di akhir transaksi Anda. Tidak perlu menghitung uang Anda di ATM. Jika memang ada ketidaksesuaian saat menghitung nanti, hubungi bank Anda. Anda tidak bisa berdebat dengan mesin itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait