Sukses

Penelitian Terbaru: Ini Rata-Rata Usia Pendiri Startup Bernilai Miliaran Dolar

Data Tamaseb menunjukkan sedikit keuntungan bagi para pendiri muda dalam menciptakan perusahaan bernilai lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Dengan para pendiri seperti Mark Zuckerberg, Jack Dorsey, dan Bill Gates, tampaknya perusahaan rintisan atau startup yang bernilai miliaran dolar umumnya dimulai oleh anak muda yang putus sekolah berusia 20-an.

Namun menurut buku baru berjudul “Super Founders: What Data Reveals About Billion-Dollar Startups,” usia rata-rata di mana para pendiri memulai bisnis bernilai miliaran dolar adalah 34 tahun.

Penulis buku tersebut, Ali Tamaseb, seorang mitra di perusahaan modal ventura teknologi DCVC, mengatakan bahwa dia menghabiskan ribuan jam untuk menyisir arsip internet, wawancara, dan meninjau ribuan profil LinkedIn dan Crunchbase untuk mengumpulkan data.

Tepatnya terdapat 65 titik data yang berbeda, seperti usia, pendidikan dan pengalaman pada setiap startup unicorn yang dimulai antara tahun 2005 dan 2018.

"Butuh waktu sekitar empat tahun," kata Tamaseb.

Mengutip CNBC, Selasa (1/6/2021), Tamaseb mengatakan dia mengumpulkan lebih dari 30.000 titik data dan termasuk perusahaan swasta dan publik dengan valuasi miliaran dolar dan perusahaan yang setelah mengalami akuisisi membawa mereka ke nilai itu.

“Ini bukan hanya [perusahaan] teknologi. Ini mencakup bioteknologi, energi, fintech, dan lainnya,” jelasnya.

Tamaseb menemukan bahwa ”[sebuah] perusahaan bernilai miliaran dolar, [memiliki] rentang usia cukup substansial. Beberapa pendiri berusia delapan belas tahun, [sementara] yang lain berusia enam puluh delapan tahun ketika mereka memulai perusahaan,” tulisnya. 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia tidak menjadi masalah

“Usia rata-rata pendiri startup bernilai miliaran dolar adalah tiga puluh empat tahun — artinya setengah dari pendiri startup bernilai miliaran dolar [berada] usia tersebut atau lebih tua ketika mereka memulai.”

Data Tamaseb menunjukkan sedikit keuntungan bagi para pendiri muda dalam menciptakan perusahaan bernilai lebih besar, tetapi tidak ada yang substansial secara statistik, kata Tamaseb.

Itu berarti dalam hal membangun perusahaan rintisan bernilai miliaran dolar, "usia tidak [menjadi] masalah," katanya.

Tamaseb juga menemukan bahwa dua pertiga dari pendiri unicorn yang berusia 34 tahun atau lebih sebelumnya telah memulai perusahaan lain sebelum bisnis miliaran dolar mereka. Jadi, upaya itu tidak terjadi dalam semalam.

“Semuanya punya sejarah. Semuanya punya masa lalu. Rata-rata, mereka memiliki pengalaman kerja lebih dari satu dekade,” katanya.

Lebih luas lagi, penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review menemukan bahwa rata-rata usia dimana seorang pendiri yang sukses memulai perusahaan mereka adalah 45 tahun. 

Itu adalah "di antara 0,1% startup teratas berdasarkan pertumbuhan dalam lima tahun pertama mereka," menurut laporan tersebut.

Laporan HBR juga menemukan bahwa pengusaha dengan setidaknya tiga tahun pengalaman kerja sebelumnya di industri yang sama saat memulai, 85% lebih mungkin untuk berhasil.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.