Tepat Pilih Investasi Jangka Panjang yang Lebih Pasti

Oleh Reza pada 31 Mei 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 07:00 WIB
(Foto: Ilustrasi investasi saham. Dok Unsplash/Austin Distel)
Perbesar
(Foto: Ilustrasi investasi saham. Dok Unsplash/Austin Distel)

Liputan6.com, Jakarta Investasi jangka panjang kini banyak dilirik oleh masyarakat. Pasalnya, investasi ini mampu mendapatkan menanam keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Hal itu bermanfaat untuk kebutuhan yang akan datang, seperti dana pendidikan, biaya pernikahan sampai tabungan dihari tua. 

Lantas, jenis investasi apa yang ideal untuk jangka panjang? dilansir dari berbagai sumber berikut penjelasannya. 

Saham

Investasi saham kini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Banyaknya aplikasi investasi saham membuat kemudahan untuk dilakukan. 

Bicara keuntungan, investasi saham dinamakan Capital Gain dan Dividen. Untuk Capital Gain, merupakan keuntungan yang diperoleh investor ketiga harga penjualan dikurangi harga pembelian saham. 

Sedangkan untuk dividen, bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada investor pemegang saham. Jadi, makin besar lembar saham yang dimiliki, makin besar pula porsi dividen yang didapatkan. 

Emas

Investasi lainnya adalah emas. Investasi ini paling banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya, jenis investasi ini memiliki kepastian dalam memberikan keuntungan. 

keuntungan memilih emas sebagai investasi jangka panjang adalah investasi emas dapat dicairkan dalam bentuk tunai dengan sifat yang cepat. 

Lagi pula, investasi emas memiliki kecenderungan nilainya semakin meningkat setiap waktu. Maka dari itu, emas bisa menjadi investasi jangka panjang yang ideal.

Reksadana

Selain kedua investasi itu, ada pula investasi reksadana. Selain menjanjikan untuk jangka panjang, reksadana merupakan surat berharga yang menjadi bukti aset. 

Selain itu, reksadana tidak memerlukan modal yang besar, terutama bagi kamu yang awam. Kamu juga bisa membeli investasi itu dengan bagian kecil. 

Bicara  keuntungan, investasi reksadana dinilai memiliki risiko yang minim cocok bagi kamu pemula yang ingin mencoba berinvestasi. Biar lebih paham mengenai investasi jangka panjang, tak ada salahnya mengenal jenis – jenis investasi lainnya. Jika kamu bingung mengenai istilah – istilah investasi, kamu bisa cek Kamus Tokopedia. Di sana, kamu bakal belajar istilah investasi serta belajar memilih produk investasi yang tepat. 

Dengan Tokopedia, tak hanya mendapatkan produk – produk yang menarik. Kamu juga bisa belajar investasi dari gadget-mu. 

Coba aja dulu! 

 

(*)