Sukses

3 Keuntungan Nasabah BCA Gunakan Kartu ATM Chip

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan segera memblokir penggunaan kartu ATM berbasis magnetic stripe

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan segera memblokir penggunaan kartu ATM berbasis magnetic stripe. Keputusan ini menindaklanjuti arahan Bank Indonesia dalam Surat Edaran BI Nomor 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Saat ini, BCA terus giat melakukan sejumlah sosialisasi untuk menyampaikan pesan tersebut kepada para nasabah. Salah satunya dengan memanfaatkan laman website perusahaan untuk menjangkau nasabah lebih luas.

Dikutip Merdeka.com dari laman resmi BCA, Jumat (28/5), manajemen mengungkapkan tiga alasan kenapa nasabah harus segera mengganti ke kartu ATM atau kartu Paspor BCA berbasis chip? Berikut 3 alasannya:

1. Kartu Debit Chip Banyak Benefitnya

Jika nasabah beralih ke kartu debit berteknologi chip, misalnya ke kartu debit chip BCA Mastercard, maka kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM mesin EDC. Nasabah juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkannya lewat BCA mobile.

Bahkan, nasabah bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik / film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan mastercard.

2. Bank Indonesia Mewajibkan Ubah ke Kartu Chip

Sejak 2015 Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia. Jadi kamu harus segera mengganti ke Paspor Chip daripada nantinya tidak bisa digunakan karena bank-bank dan merchant-merchant sudah mulai mengganti mesin EDC yang bisa membaca kartu chip secara bertahap.

3. Mengurangi Risiko Kejahatan Kartu

Saat ini, banyak terjadi kejahatan kartu ATM dengan modus pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau Skimming. Magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy datanya ketimbang kartu chip yang secara teknologi lebih maju. Jadi, kartu magnetic strip kamu itu lebih berisiko lho.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batas Waktu Penukaran

Kapan batas waktunya?

Efektif 1 Januari 2022, Paspor BCA lama berbasis magnetic stripe praktis sudah tidak dapat lagi digunakan untuk bertransaksi. Untuk itu, nasabah diimbau untuk segera melakukan pergantian ke kartu ATM chip untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi

Dimana nasabah dapat memperoleh Paspor BCA Chip?

a. Kunjungi kantor cabang BCA untuk menukarkan Paspor BCA lama Anda melalui Customer Service. Penggantian ke Paspor BCA berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia.

b. Di mesin CS Digital. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan Customer Service (CS) dalam satu mesin secara self service di cabang.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.