Bank DKI dan DMI Salurkan Dana Bantuan Operasional ke 3.200 Masjid di Jakarta

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 26 Mei 2021, 22:32 WIB
Bank DKI
Perbesar
Bank DKI Sediakan Fitur Scan To Pay. (Dok. Bank DKI)

Liputan6.com, Jakarta - Bank DKI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta salurkan dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada 3.200 Masjid dan 2.000 Mushola di Provinsi DKI Jakarta.

Bantuan ini berupa penyaluran dana untuk Masjid/Mushola, insentif Imam dan insentif Marbot Masjid melalui fasilitas perbankan milik Bank DKI.

"Jumlah dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI), insentif Imam dan Marbot pada Tahun Anggaran 2021 yang akan disalurkan melalui Bank DKI berjumlah sebesar Rp142,3 miliar dengan besaran bantuan Masjid mencapai Rp 2 juta perbulan dan Mushola Rp1 juta perbulan," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

"Dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) tersebut akan disalurkan melalui tabungan Monas iB umum non perorangan Bank DKI Syariah," lanjut dia.

Penyaluran bantuan tersebut juga merupakan dukungan Bank DKI dalam mendorong program Pemprov DKI Jakarta serta implementasi atas Keputusan Gubernur Nomor 420 Tahun 2021 tentang penerima Hibah, Bantuan Sosial dan Bantuan Keuangan dalam bentuk uang yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2021.

“Perjanjian kerjasama tersebut diharapkan dapat memperlancar penyaluran Dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) dan insentif dengan aman, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Dewan Masjid Indonesia Provinsi DKI Jakarta," ungkap Herry.

Herry juga mengajak kepada Masjid dan Mushola penerima dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) untuk menjadi merchant JakOne Mobile, untuk menggunakan sistem pembayaran Bank DKI scan to pay untuk mendorong Jemaah dari masing-masing Masjid dan Mushola, sebagai sarana berinfaq dan sedekah secara non tunai.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Transaksi Nontunai

Komunitas JakOne Artri Bank DKI
Perbesar
Komunitas JakOne Artri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi.

Bank DKI berkomitmen untuk terus mendorong penerapan transaksi nontunai di DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, masyarakat yang ingin beramal maupun berdonasi dapat melakukan metode scan to pay menggunakan aplikasi JakOne Mobile.

Cukup dengan membuka aplikasi JakOne Mobile lalu pilih Scan To Pay dan pengguna secara otomatis akan diarahkan untuk memasukkan nominal yang diinginkan untuk rekening donasi. Metode pembayaran amal ataupun donasi melalui metode scan QR dapat dilakukan pada QR code yang berlogo QRIS.

Saat ini Bank DKI telah menyediakan QR Code untuk lebih dari 2.000 masjid yang tersebar di berbagai daerah di Jakarta. Berbagai produk dan layanan perbankan digital dari Bank DKI senantiasa hadir untuk memudahkan transaksi kebutuhan sehari-hari masyarakat, ataupun memenuhi kebutuhan pengembangan bisnis dunia usaha hingga mendukung program kerja sektor pemerintahan.

Sementara itu, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Sekda DKI Jakarta, Muhammad Zen mengapresiasi Bank DKI dalam penyediaan akses layanan perbankan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta.

Kedepannya, ia berharap agar Bank DKI dapat terus bersinergi mendukung program Pemprov DKI Jakarta. Muhammad Zen juga menambahkan,

“BOTI merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta untuk menjamin transparansi pemberian bantuan ini secara transfer. Karena itu, Pemprov DKI menggandeng Bank DKI untuk menyalurkan dana," tutup dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓