4 Cara Sederhana Menghemat Uang Demi Masa Depan Anak

Oleh Liputan6.com pada 27 Mei 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 07:00 WIB
Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bikin Tabungan Bareng Pacar
Perbesar
Menabung untuk persiapan pernikahan baik untuk dilakukan, tapi harus tetap dengan peraturan. (Foto: seldenenterprisesinc.com)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu argumen terbesar yang dimiliki banyak orang yang menentang memiliki anak adalah jumlah uang yang sangat besar yang harus mereka keluarkan untuk anak-anak saat mereka tumbuh dewasa. 

Dengan anak-anak di sekitar, Anda tidak akan pernah tahu berapa banyak atau kapan Anda harus mengeluarkan uang untuk mereka. Pengeluaran tidak hanya besar tetapi bisa juga datang pada saat Anda paling tidak siap. 

Selain memastikan bahwa mereka memiliki kehidupan yang nyaman, Anda juga harus memastikan bahwa mereka mendapatkan beberapa kemewahan yang Anda mampu upayakan. 

Jangan lupakan juga soal masa depannya, seperti biaya kuliah. Membayar kuliah menjadi pengeluaran yang akan menguras simpanan banyak orang. 

Alih-alih mengkhawatirkan uang di sebagian besar waktu, Anda harus mulai menabung sedini mungkin.

Mengutip MagForWomen, Kamis (26/05/2021), berikut beberapa tips menabung untuk kepentingan masa depan anak-anak Anda.

1. Keluarkan Uang untuk Mainan dengan Bijak

Anak Menabung
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebelum Anda berbelanja mainan secara royal, pikirkan apakah anak Anda akan bermain dengannya selama lebih dari beberapa hari. 

Tidak peduli seberapa mahal mainan yang Anda beli untuk anak Anda, anak mungkin akan lebih memilih bersama dengan boneka atau selimut favoritnya saja sepanjang waktu dan tidak akan pernah melepaskannya. 

Daripada menghabiskan uang untuk sekumpulan mainan mahal, cukup pastikan anak Anda memiliki cukup mainan. Ikuti tips ini bahkan saat anak Anda besar dan meminta mobil yang sebenarnya.

Alih-alih mencari yang terbaik, dapatkan mobil yang ekonomis untuk Anda berdua. Anda akan terkejut dengan jumlah uang yang dapat Anda hemat untuk hal-hal ini.

 

2. Buatlah Rekening Tabungan untuk Anak Anda

Mulailah menabung untuk anak Anda segera setelah dia lahir. Sisihkan jumlah tertentu setiap bulan atau investasikan dalam produk investasi yang akan tumbuh bersama dengan anak Anda. 

Jangan membuat jumlahnya terlalu besar sehingga membebani keuangan Anda atau terkadang menggoda Anda untuk menggunakannya. Simpan jumlah yang layak setiap bulan sehingga Anda dapat terus melakukannya secara rutin dan dana tersebut tersedia pada saat anak Anda membutuhkannya. 

Anak-anak Anda akan bersyukur jika mereka tidak dibiarkan mengurus biaya pendidikan mereka sendiri melalui pinjaman mahasiswa misalnya.

3. Beritahu Anak Uang juga Harus Ditabung

anak menabung
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/People Image Studio

Dorong anak-anak Anda untuk menabung juga. Cobalah membuat aturan dimana Anda mungkin memasukkan dua atau tiga kali lipat jumlah yang ditabung anak Anda. 

Anda tidak hanya akan mengajari anak-anak Anda beberapa kebiasaan baik tentang menabung, tetapi Anda juga akan menghemat banyak uang dalam prosesnya.

4. Jangan Pernah Memaksa Anak Anda Melakukan Hobi yang Mahal

Bayangkan jumlah uang yang dapat Anda hemat untuk kelas berkuda. 

Jika Anda tahu bahwa Anda tidak pernah mampu membeli kuda poni atau bahwa anak Anda tidak memiliki masa depan dalam berkuda atau itu hanya sekadar keinginan sejenak, bersikaplah tegas dan jangan lakukan itu. 

Uang yang tidak terbuang untuk hal-hal ini adalah uang yang dapat disimpan dan berpotensi tumbuh seiring usianya dewasa.

 

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓