Sukses

Disimak Formasi CPNS dan PPPK 2021 Pemkab Gresik dan Pemkot Singkawang

Rencananya, pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 akan dimulai akhir Mei 2021 dan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia melalui laman yang sudah disediakan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus merampungkan rencana pembukaan pendaftaran CASN untuk kategori PPPK dan CPNS 2021. Salah satunya terkait formasi seleksi CPNS 2021.

Rencananya, pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 akan dimulai akhir Mei 2021 dan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia melalui laman yang sudah disediakan.

Tahun 2020, seleksi CPNS dan PPPK belum dibuka karena pandemi COVID-19, dan tahun 2021 seleksi kembali digelar dengan jumlah formasi yang lebih banyak.

Melansir Antara, Jumat (21/5/2021), beberapa pemerintah daerah sudah menetapkan formasi CPNS maupun PPPK. 

Seperti Kabupaten Gresik  Jawa Timur yang membuka lowongan 2.272 formasi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) tahun 2021.

Formasi CPNS dan PPPK sebanyak 2.272 ini sesuai jatah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik Nadlif mengatakan total 2.272 formasi itu rinciannya 440 formasi CPNS dan 1.832 formasi PPPK.

"Masyarakat bisa bersiap-siap mendaftar untuk mengisi formasi tersebut sesuai jadwal seleksi CPNS 2021," katanya.

Ia mengatakan jumlah tersebut lebih banyak dari perkiraan, sebab sebelumnya jatah untuk Gresik diperkirakan hanya 1.600 formasi, gabungan CPNS dan PPPK. "Dengan kepastian 2.272 formasi, artinya peluang masyarakat semakin terbuka lebar," tutur dia.

Nadlif mengatakan ada hal penting dalam seleksi CPNS dan PPPK 2021, seperti PPPK tahun 2021 dibuka untuk umum, sedangkan tahun 2020 khusus tenaga honorer, dan untuk tenaga pendidik tidak bisa ikut seleksi CPNS, tapi lewat PPPK.

"Memang di lingkungan Pemkab Gresik masih ada banyak pegawai yang belum berstatus PNS ataupun PPPK. Padahal, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai PPPK, sekitar lima tahun ke depan pemerintah bakal menghabiskan status honorer bagi pegawai. Sehingga, nantinya pegawai pemerintahan hanya ada PNS dan PPPK," katanya.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pemkot Singkawang Sebanyak 698 Formasi

Pemerintah Kota Singkawang mendapat kuota sebanyak 698 formasi pada penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2021 dari pemerintah pusat.

"Jumlah ini terdiri dari 274 untuk CPNS dan 424 untuk PPPK," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Singkawang, Zulhiar, Rabu,

Menurutnya, formasi yang paling di dominasi adalah guru. Terkait dengan penerimaan ini, pihaknya akan segera mengumumkan pendaftaran penerimaan CPNS dan PPPK yang dimulai dari tanggal 30 Mei sampai 13 Juni 2021.

"Untuk pendaftaran seleksi dimulai dari tanggal 31 Mei sampai 21 Juni 2021," tuturnya.

Sedangkan jadwal seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1-30 Juni 2021.

Pihaknya pun masih menunggu ketentuan dari pemerintah pusat terkait dengan persyaratan bagaimana metode seleksi pendaftaran mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Sambil menunggu informasi dari pusat, Pemkot Singkawang akan melaksanakan seleksi sesuai Surat Edaran Nomor: 17/SE/VII/2020 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) Dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Salah satu bentuk metode pendaftaran dan seleksi administrasi adalah melalui aplikasi SSCASN dan berkas lamaran dikirim melalui ekspedisi, guna menghindari kontak fisik sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Intinya, kata Zulhiar, Pemkot Singkawang sudah siap terkait dengan penerimaan CPNS dan PPPK, karena telah memiliki pengalaman seleksi CPNS tahun 2020 lalu.

Guna memastikan seleksi penerimaan CPNS bisa dilaksanakan secara obyektif dan transparan, kata Zulhiar, maka hasil ujian CAT nanti langsung diumumkan pada portal instansi dan dapat langsung diakses pelamar.

Zulhiar juga mengimbau kepada calon peserta, untuk selalu aktif mencari informasi tentang pengadaan ASN di situs resmi BKN dan situs resmi Pemerintah Kota Singkawang.

"Serta mempelajari contoh soal SKD, SKB melalui buku, media online atau mengikuti bimbingan belajar dalam persiapan seleksi ASN tahun 2021," pintanya

Pelamar diimbau tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak/oknum yang menjanjikan untuk dapat meluluskan seleksi CASN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.