Minat Pakai Gas PGN? Bisa Daftar Online di Sini

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 19 Mei 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 19 Mei 2021, 13:30 WIB
20160921-Pekerja Jaringan Pipa Gas PGN-Jakarta- Helmi Afandi
Perbesar
Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menerapkan transformasi digital untuk memudahkan penggunaan gas bumi dan memberi pengalaman pelanggan yang semakin baik.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan, PGN akan lebih fokus pada pengalaman pelanggan untuk membangun sistem digital pada 2021. Sebagai contoh, respon PGN terhadap pandemi Covid-19 yang mendorong penggunaan teknologi.

“Ini (digital transformation) penting, karena kita tidak bisa membangun digital berdasarkan apa yang kita ketahui. Tetapi apa yang berdasarkan pengalaman pelanggan terhadap program kita,” kata Faris, di Jakarta, Rabu (19/5/21).

Upaya tranformasi digital yang dilakukan PGN seperti meningkatkan fungsi website PGN, yang dioptimalkan dengan fitur simulasi biaya energi gas bumi, informasi tagihan gas, technical service request, informasi kemitraan, co-branding product PGN, waktu tanggap PGN melalui pusat layanan contact center yaitu kurang dari 8 jam.

Tranformasi digital yang telah diterapkan adalah aplikasi Rely On PGN, membolehkan calon pelanggan untuk registrasi secara online. Dengan aplikasi ini juga, pendaftaran pelanggan rumah tangga hingga pelaporan proses gas in dapat dipantau secara tepat waktu.

Lalu ada aplikasi PGN Partner untuk pelaporan aktivitas di lapangan. Sepanjang 2020, lebih dari 10.000 aktivitas lapangan telah dilakukan dalam rangka pasokan gas perdana ke konsumen. Sehingga, tercipta transparasi proses pelaporan pekerjaan lapangan, kejelasan tahapan, dan dokumentasi yang lebih detail.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerja Sama dengan Channel Pembayaran Online

Jaringan Gas PGN Merambah Rusunawa Jakarta
Perbesar
Petugas membersihkan area dekat instalasi jaringan gas PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Menurut pengelola rusun, saat ini tercatat hampir 90 persen penghuni beralih menggunakan Jargas PGN karena lebih hemat biaya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

PGN pun bekerjasama dengan beberapa channel pembayaran online seperti Tokopedia, Link Aja, Blibli.com, Dana, dan Gopay. Security IT juga disempurnakan untuk melindungi asset informasi penting pelanggan maupun perusahaan.

PGN meluncurkan produk Gas Data dengan berbagai keunggulannya untuk pelanggan Sinergi (komersial dan industri). Gas Data meliputi informasi pemakaian gas yang tercatat secara real time, harian, maupun bulanan. Dengan layanan ini, informasi pemakaian gas dapat diakses secara online dan memudahkan dalam monitoring pemakaian gas.

Produk lainnya yaitu Gas Deposit, di mana gas yang sudah dibayarkan namun belum terpakai dapat disimpan selama periode 6 bulan untuk pelanggan Sinergi. Ada juga Multi Destination Scheme (Muldes) yaitu akumulasi volume kontrak untuk perusahaan yang memiliki satu induk perusahaan, sehingga bisa mendapatkan fleksibelitas volume penyerapan gas untuk berbagai lokasi.

Pandemi Covid-19 menyebabkan perlambaan perekonomian nasional. PGN pun memahami kondisi tersebut dengan menawarkan solusi yaitu produk Spot Gas, untuk pelanggan yang memerlukan gas bumi sesuai kebutuhan kebutuhan. Gas dapat dipesan pada bulan berjalan tanpa memerlukan perubahan kontrak ataupun deposit.

“Product segmentation menjadi keunggulan kita dalam memenuhi ekspektasi pelanggan yang beragam. Diimbangi dengan Improvement pada program digitalisasi based on customer experience,” tutup Faris.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓