Sukses

Baru Lulus? Simak Tips Sukses Langsung Dapat Kerja

Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia di luar memang lebih menakutkan daripada yang dibayangkan. Ini adalah ajang kompetisi sengit di mana Anda harus membuktikan diri dan terus-menerus menonjol dari kerumunan hanya untuk dipekerjakan.

Setelah meninggalkan dunia kampus yang penuh kepompong, dengan keyakinan, cita-cita, dan ideologi Anda dan memasuki dunia di mana nama permainannya adalah survival of the fittest.

Mendapatkan pekerjaan pertama bisa menjadi tonggak sejarah karena menentukan masa depan karier Anda dan membantu mengambil keputusan penting tentang jenis pekerjaan yang ingin dilakukan dan lingkungan tempat Anda ingin bekerja.

Melansir dari laman magforwoman, Senin (30/5/2021), berikut beberapa kiat untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama tersebut:

1. Percaya diri

Apakah Anda menghadiri wawancara atau hanya mempersiapkan wawancara, yakinlah dengan apa yang Anda ketahui dan apa yang dapat Anda lakukan.

Perasaan tercermin di luar dan perusahaan mana pun akan lebih suka mempekerjakan karyawan yang percaya diri. Percaya diri tersebut dilihat dari bagaimana proses wawancara berlangsung. Maka, jadilah orang yang percaya diri.

2. Luangkan waktu

Anda mungkin memiliki pinjaman pelajar yang sulit untuk dilunasi atau mungkin kehabisan uang. Tetapi penting untuk tidak panik dan mencari pekerjaan apa pun atau mendapatkan pekerjaan apa saja yang Anda bisa.

Luangkan waktu dan lihat apa yang menjadi minat dan di mana Anda dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliki tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kembangkan relasi sejak saat masih bersekolah

Tidak ada yang lebih menguntungkan bagi lulusan baru selain menjadi bagian dari relasi. Ini bisa jadi senior di sekolah atau dosen atau alumni yang sudah ditempatkan dengan baik.

Selalu perbarui relasi Anda dengan lebih baik lagi pada saat pencarian pekerjaan.

4. Buat kesan pertama yang baik dalam wawancara

Dengan cara ini, pewawancara akan tetap mengingat Anda meskipun tidak dipekerjakan. Selalu ada kemungkinan untuk dipanggil lagi untuk lowongan pekerjaan yang lain di waktu yang berbeda.

Jadi persiapkanlah diri dengan baik, tepat waktu dan berpakaian rapi saat Anda pergi untuk wawancara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.