Gempa Nias Barat, PLN Pastikan Kondisi Listrik Aman

Oleh Agustina Melani pada 14 Mei 2021, 23:07 WIB
Diperbarui 14 Mei 2021, 23:29 WIB
20170621-PLN Berikan Diskon Biaya Penyambungan Tambah Daya-Antonius
Perbesar
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan kondisi infrastruktur listrik berjalan baik dan menyala di Nias Barat setelah terjadi gempa bumi di Nias Barat pada Jumat, 14 Mei 2021. Gempa bumi di Nias Barat tersebut berkekuatan M 6,7.

"Aman, terkendali hingga malam ini. Listrik tetap nyala, tidak ada gangguan dan kerusakan," ujar Manager Komunikasi PLN Unit Wilayah Sumatra Utara, Jimmy Aritonang saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat, (!4/5/2021).

Ia menambahkan, pihaknya masih terus memantau kondisi setelah terjadi gempa di Nias Barat. “Kami tetap pantau. So far aman," ujar dia.

Sebelumnya terjadi gempa bumi di Nias Barat berkekuatan M 6,7. Gempa tersebut berada di lepas pantai barat daya Nias Barat, Sumatra Utara pada pukul 13.33 WIB. Gempa susulan pun terjadi pukul 14.16 WIB. Lindu susulan itu berkekuatan M 5,2. 

Pusat gempa susulan berada pada titik koordinat 0.21 LU-96.58 BT di kedalaman 10 kilometer (km) dan tidak berpotensi tsunami. Demikian mengutip kanal News Liputan6.com.

Menurut BMKG, jenis dan mekanisme gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal yang berada di zona outer-rise, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

2 dari 3 halaman

Sempat Buat Warga Panik

Gempa Indonesia
Perbesar
Ilustrasi Gempa

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo mengatakan, guncangan gempa tersebut sempat membuat masyarakat panik. Mereka kemudian keluar rumah.

"Masyarakat panik dan keluar rumah," ujar Hiramo melalui keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 14 Mei 2021.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Adapun apabila ditarik garis lurus, jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓