Sejumput Kisah Tiga Orang Terkaya di India saat Pandemi COVID-19

Oleh Liputan6.com pada 14 Mei 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 14 Mei 2021, 21:00 WIB
Mukesh Ambani
Perbesar
Orang terkaya kesembilan di dunia asal India, Mukesh Ambani. (AFP/Sam Panthaky)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 masih berlanjut di berbagai negara, tak terkecuali India. Kasus positif COVID-19 di India bahkan tembus di angka 12 juta orang.

Meski begitu pasar saham di India tidak goyah dengan kejadian luar biasa di India. Bahkan jumlah orang kaya negara ini naik dalam satu tahun terakhir menjadi 140 miliarder dengan total kekayaan gabungan mencapai USD 596 miliar.

"Jumlah total miliarder India naik menjadi 140 dari 102 tahun lalu," tulis situs berita Forbes yang dikutip Merdeka.com, Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Adapun tiga orang terkaya di India yakni Mukesh Ambani, Gautama Adani dan Svi Nadar. Berikut rangkuman mengenai tiga orang terkaya di India.

1. Mukesh Ambani

Mukesh Mabani berhasil mendiversifikasi kerajaan minyak dan gasnya ke sektor-sektor yang berkembang pesat seperti telekomunikasi dan ritel.

Dia merebut kembali posisinya sebagai orang terkaya di Asia, dengan kekayaan bersih USD 84,5 miliar. Ambani diketahui telah mengumpulkan dana USD 35 milar lewat serangkaian kesepakatan untuk mengurangi utang dari Reliance Industries.

Dia juga menjual sepertiga unit telekomunikasi Jio untuk menarik investor seperti Facebook dan Google dan melepas 10 persen dari Reliance Retail ke perusahaan ekuitas swasta seperti KKR dan General Atlantic, ditambah menyelesaikan rights issue senilai USD 7,3 miliar dari saham Reliance.

2 dari 3 halaman

Gautam Adani

Gautam Adani, (Photo: AFP)
Perbesar
Gautam Adani, (Photo: AFP)

2. Gautam Adani

Miliarder Gautam Adani memperoleh kekayaan USD 42 miliar yang mengejutkan karena saham perusahaannya, termasuk Adani Enterprises dan Adani Green Energy, meroket.

Kekayaannya naik lima kali lipat sejak 2020. Saat ini Adani menjadi orang India terkaya kedua menggantikan Raja ritel Radhakishan Damani.Forbes mencatat kekayaan bersih milik Adani sebesar USD 50,5 miliar yang bersumber dari sektor infrastruktur.

Dia berhasil mengakuisisi 74 persen saham di Bandara Internasional Mumbai pada September 2020. Adani juga menjual sahamnya di perusahaan energi baru terbarukan yang terdaftar di Adani Green Energy kepada raksasa energi Prancis seharga USD 2,5 miliar.

3. Shiv Nadar

Shiv Nadar memiliki total kekayaan USD 23,5 miliar yang berasal dari layanan perangkat lunak. Pendapatan perusahaan HCL Technologies hingga Juli tahun lalu mencapai USD 9,9 miliar.Shiv Nadar diketahui mengundurkan diri dari perusahaannya dan menyerahkan jabatan tersebut kepada putri satu-satunya, Roshni Nadar Malhotra.

 

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓