Sukses

Menhub Prediksi Jumlah Penumpang KRL Capai 400 Ribu pada Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkunjung ke Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan pada Jumat (14/5/2021) atau hari ke-9 masa peniadaan mudik Lebaran 2021. Kunjungan tersebut untuk memastikan pergerakan penumpang termasuk KRL di kawasan Jabodetabek, yang termasuk wilayah aglomerasi, tetap terkendali.

Di Stasiun Manggarai, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, tercatat sekitar 200 ribu pergerakan penumpang KRL pada 14 Mei 2021. Angka ini menurun dibandingkan masa normal sebelum berlakunya pengetatan pengendalian transportasi tepatnya pada 13 April 2021 yaitu sebanyak 368.805 orang.

Meski begitu, diperkirakan pergerakan penumpang KRL pada Sabtu dan Minggu besok akan meningkat tajam. Yakni berkisar di angka 300 ribu-400 ribu penumpang KRL per hari.

"Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Saya meminta kepada PT KCI untuk benar-benar mengawal protokol kesehatan dan pembatasan kapasitas maksimal penumpang. Petugas perlu ditambah dan lakukan dengan profesional," kata dia.

Menhub juga meminta untuk mengintensifkan pengecekan kesehatan secara acak (random) menggunakan rapid tes antigen di sejumlah stasiun keberangkatan yang berpotensi mengalami penumpukan penumpang. Hal ini guna menekan penyebaran COVID-19.

 

Sulaeman

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Pemda Lakukan Pemetaan Lokasi Kepadatan

Sedangkan untuk mengendalikan pergerakan transportasi di kawasan aglomerasi, Menhub meminta kepada Pemerintah Daerah di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung dan Makasar untuk melakukan pemetaan lokasi yang kemungkinan terjadi kepadatan untuk mencegah potensi terjadi penyebaran Covid-19.

"Pergerakan transportasi di aglomerasi memang diperbolehkan, tetapi protokol kesehatan harus tetap dijaga dan jangan sampai terjadi kerumunan yang tidak terkendali," ucapnya. 

Selain mengecek penerapan pengendalian transportasi, Menhub juga membagi-bagikan masker kepada penumpang dan petugas di Stasiun Manggarai. Dalam aksi blusukan kali ini turut hadir Dirjen Perkeretaapian dan jajaran PT KAI dan PT KCI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.