Sukses

DPR: Penanganan Covid-19 Butuh Konsentrasi Penuh Pemerintah

Pemerintah diminta memprioritaskan penanganan pandemi COVID-19 dan proses vaksinasi ketimbang regulasi kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk memprioritaskan penanganan pandemi COVID-19 dan proses vaksinasi ketimbang regulasi kesehatan lainnya.

Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati, menjelaskan penanganan COVID-19 dan distribusi vaksin memerlukan konsentrasi penuh dari pemerintah, terutama Kementerian Kesehatan. 

Ia menambahkan COVID-19 merupakan agenda terpenting karena menyangkut keselamatan 271 juta rakyat Indonesia.

"Permasalahan COVID-19 dan vaksinasi menjadi agenda utama komisi kesehatan di DPR," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/5/2021).

Kurniasih menekankan bahwa DPR bersama dengan Kementerian Kesehatan bekerja sama mempercepat penanganan pandemi.

“Saat ini agenda kita masih COVID-19 dan vaksin belum ada lagi pembahasan tentang fokus dan prioritas regulasi Kesehatan yang lain seperti kampanye hidup sehat tanpa rokok atau pelarangan iklan rokok,” tegas Kurniasih.

Anggota Komisi Kesehatan lainnya, Putih Sari juga menegaskan pemerintah perlu memastikan distribusi yang tepat sasaran untuk mendukung program vaksinasi COVID-19. Menurut Putih, kesiapan program vaksinasi merupakan langkah penting.

"Bagaimana ukuran pendataannya? Harus jelas mulai dari kebutuhan vaksin, sumber daya manusia, dan tidak kalah penting cara distribusinya sehingga tepat sasaran dan terencana," ujarnya.

Terkait distribusi vaksin, temuan di lapangan menunjukkan masih terdapat penggunaan alat penunjang di bawah standar sesuai ketetapan Badan Kesehatan Dunia. Oleh karenanya, pemerintah perlu kerja ekstra keras guna memastikan proses distribusi vaksin berjalan baik dan penanganan pandemi berjalan optimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Distribusi Berjalan Baik

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR Yahya Zaini juga mengingatkan, pemerintah perlu berkonsentrasi untuk memastikan distribusi berjalan baik dan tidak menurunkan kualitas vaksin. Politisi Partai Golkar ini menegaskan, DPR terus melakukan pengawasan distribusi vaksin agar aman digunakan masyarakat.

"Inilah yang harus terus diawasi. Jangan sampai sia-sia vaksinnya. Pemerintah harus menjamin kualitas vaksin yang ada, dari sejak produksi, distribusi, hingga digunakan ke masyarakat, itu semua aman dan efektif," pungkas Yahya.

Sejauh ini sebanyak lebih dari 1,7 penduduk Indonesia terpapar virus Corona. Menjelang libur Lebaran Pemerintah menerapkan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona karena belajar dari situasi sebelumnya jumlah kasus penderita tang terpapar Corona selalu naik usai libur panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.