Sukses

Beban Puncak Listrik Jawa, Madura, dan Bali Diprediksi 20.201 MW Saat Lebaran

PLN memastikan pasokan listrik di wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali) selama masa siaga Lebaran Idul Fitri 1442 H pada 6-21 Mei 2021 dalam kondisi aman.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik di wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali) selama masa siaga Lebaran Idul Fitri 1442 H pada 6-21 Mei 2021 dalam kondisi aman.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN Haryanto WS memprediksi, beban puncak kelistrikan di Jamali pada periode siaga Lebaran mencapai 20.201 Mega Watt (MW).

Sementara daya mampu netto di Jamali sendiri sebesar 37.402 MW, dengan daya mampu pasok 29.229 MW. Sehingga PLN masih menyimpan cadangan daya sebesar 9.028 MW.

"Jadi sistem sangat aman lah, dengan kondisi beban puncak nanti kita 20.201 MW," ujar Haryanto dalam sesi teleconference, Selasa (11/5/2021).

Secara sistem kelistrikan, Haryanto melanjutkan, PLN Jamali akan memaksimalkan regional balance selama Lebaran Idul Fitri nanti, sehingga tak perlu melakukan transfer saya yang besar dari timur ke barat.

"Kita meminimalkan transfer dari timur ke barat, karena bebannya sama-sama rendah, yang di barat cukup untuk bisa meng-cover beban di barat," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelebihan Pasokan

Akibat kelebihan pasokan ini, PLN disebutnya bakal memilih untuk mematikan beberapa pembangkit selama Lebaran. Tujuannya agar ketika listrik diperlukan, pembangkit dengan respon cepat akan bisa beroperasi.

"Untuk persiapan Idul Fitri ini juga PLN melakukan assessmen dan pemeliharaan semua fasilitas kelistrikan kita, mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi," terang Haryanto.

"Meskipun memang beberapa pembangkit kita sengaja selama Idul Fitri ini, karena pada saat ini beban rendah sehingga pembangkit itu kita matikan sementara, khususnya untuk pemeliharaan justru karena bebannya rendah," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.