Cerita Sandiaga Uno, Sewa Bekas Salon untuk Kantor Perusahaan Rintisannya

Oleh Liputan6.com pada 10 Mei 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 20:17 WIB
Buka G20 Tourism Ministers Meeting 2021, Sandiaga Uno Ingatkan Pariwisata Butuh Investasi Berkelanjutan
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno dalam pertemuan G20 Tourism Ministers Meeting 2021, Selasa, 4 Mei 2021. (dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengaku pernah menyewa bekas salon untuk dijadikan kantor saat memulai usaha.

Kala itu, saat merintis usaha baru, dia hanya mampu menyewa tempat berukuran 8 x 10 meter di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat. Meski beralamat di Kuningan, namun tempat usahanya tersebut jauh dari kemegahan kawasan elit perusahaan besar.

"Kami sewa satu tempat di dekat Kuningan, tapi bagian ujungnya. Ruangannya 8 x 10 meter, banyak kaca-kacanya," cerita Sandiaga Uno Webinar Cara Baru Bekerja di Era New Normal, Jakarta, Senin (10/5/2021).

Saat itu, Rosan Roeslani (Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri) sahabat Sandiaga mempertanyakan tempat yang dijadikan kantor. Sandiaga hanya bisa menjawab, uang yang dimilikinya hanya mampu menyewa tempat di bekas salon.

"Pak Rosan waktu itu tanya,'Kok gini tampilannya?'. Nah kita baru sanggup untuk bayar tempat sewa bekas salon itu," ungkap Sandi.

Sebab, lanjut dia, harga sewa kantor masih terbilang mahal. Perusahaan yang bisa menyewa tempat hanya yang sudah memiliki nama dan bonafit saja. Sementara pengusaha rintisan hanya bisa menyewa tempat ala kadarnya.

"Zaman saya dulu, mulai usaha dapat ruang kantor kalau bukan perusahaan besar dan bonafit saja," kata dia.

Namun kata Sandiaga, saat ini, perusahaan rintisan tidak perlu mengalami hal yang sama dengan dirinya. Sudah ada tempat sewa kantor dengan harga terjangkau di pusat kota yang bisa digunakan pengusaha baru.

"Ini sekarang bisa didiskusikan. Perusahaan rintisan bisa punya kantor di Sudirman karena ada Co-working space di sana," kata Sandiaga Uno.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Sandiaga Uno: Yuk Beli Produk UMKM untuk Bingkisan Lebaran

Sandiaga Uno
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi Dusun Butuh di Magelang yang dijuluki Nepal Van Java (dok.instagram/@sandiuno/https://www.instagram.com/p/CNMg9ucB2Mi/Komarudin)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengajak masyarakat untuk memilih dan membeli produk lokal saat akan mengirimkan bingkisan lebaran kepada sanak saudara di kampung halaman.

Sebab, kualitas aneka produk lokal dinilai kini lebih berdaya saing.

"Pertama, produk-produk lokal itu sudah keren, bagus, kualitasnya kelas dunia, harganya lebih terjangkau, juga ini bisa membantu para UMKM kita yang terdampak pandemi," kata Sandiaga dalam pernyataannya, Sabtu (8/5/2021).

Sandiaga menambahkan, dengan menjadikan produk kreatif sebagai bingkisan lebaran maka akan dapat membangkitkan semangat para pelaku ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19. Serta berpotensi meningkatkan omzet para pelaku ekonomi kreatif.

"Mereka sekarang bisa mendapatkan order dan meningkatkan omzet tanpa perlu melakukan PHK pegawainya. Jadi ini menolong perekonomian lokal," tekannya.

Adapun, upaya yang dilakukan oleh kementeriannya untuk mendukung kebangkitan sektor ekonomi kreatif Tanah Air dengan mengadakan event #GakMudikDibikinAsik. Dengan begitu, masyarakat tetap bisa memberikan bingkisan kepada sanak saudara du masa larangan mudik Lebaran 2021.

"Event ini diadakan pada 6-16 Mei 2021 di Trans Studio Mall Cibubur. Event #GakMudikDibikinAsik juga menawarkan aneka produk lokal yang cocok dijadikan sebagai hampers dan bisa langsung dikirim kepada sanak saudara dengan jasa ongkos kirim gratis," bebernya.

Lebih lanjut, Sandiaga kembali mengimbau masyarakat di tanah air agar tidak mudik ke kampung halaman.

"Kita berada di tengah-tengah pandemi sehingga masyarakat diharapkan untuk mematuhi kebijakan larangan mudik, demi menekan penyebaran COVID-19. Kehadiran kita bisa digantikan dengan hampers yang dikirim berisikan produk dari program #BeliKreatifLokal," tukas Sandiaga Uno.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓