Sukses

Nasihat Investor Miliarder: 3 Hal Terlarang Dilakukan Orang Kaya

Miliarder Leon Cooperman berbicara 3 hal yang menurutnya tidak boleh dilakukan orang kaya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda telah mengumpulkan lebih banyak kekayaan daripada yang dibutuhkan, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan dengan kelebihan uang tersebut, menurut investor miliarder Leon Cooperman.

Pendiri Kantor Keluarga Omega, Cooperman diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai USD 2,5 miliar telah berbagi pandangannya tentang pasar saham, pasar teknologi, pajak, dan cara menghabiskan kekayaan.

Mengutip CNBC, Selasa (11/5/2021), komentarnya tepat waktu karena muncul di tengah perdebatan tentang bagaimana orang Amerika terkaya harus dikenakan pajak.

Sebelumnya, Presiden Joe Biden meluncurkan American Families Plan senilai USD 1,8 triliun yang akan dibayar dengan menaikkan pajak pada warga negara terkaya dan menutup celah-celah tertentu seperti "peningkatan basis," membawa bunga dan keringanan pajak real estat khusus.

Cooperman sendiri telah berjuang melawan Senator Elizabeth Warren, D-Mass., atas pajak kekayaan yang dia lihat sebagai bagian dari sistem pajak yang lebih adil.

Dia baru-baru ini menolak undangan dari Warren untuk bersaksi di sidang Senat tentang pajak.

"Saya percaya pada struktur pajak pendapatan progresif, saya yakin orang kaya harus membayar lebih," kata Cooperman, dengan menambahkan, "pajak kekayaan tidak masuk akal bagi saya karena berbagai alasan."

Dia mengatakan ada cara lain untuk mencapai tujuan Warren, seperti menaikkan tarif pajak marginal atau menghilangkan celah seperti bunga yang dibawa, yang memungkinkan bisnis tertentu untuk menangguhkan pajak, dan termasuk dalam rencana pajak terbaru Biden.

Disamping itu, Cooperman juga berbicara soal tiga hal yang menurutnya tidak boleh dilakukan orang setelah mereka mengumpulkan kekayaan dan satu hal yang harus mereka lakukan.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jangan konsumsi berlebihan

Jika Anda memiliki uang ekstra, belanjakan untuk hal-hal yang Anda inginkan, kata Cooperman. “Beli pesawat, karya seni, rumah, barang-barang seperti itu,” ujarnya.

Namun, dalam jangka panjang, ini tidak membantu, tidak seperti menabung, berinvestasi, atau menemukan kegunaan lain dari uang Anda.

Cooperman mengatakan dia sendiri bukan kolektor barang besar dan lebih memilih untuk menjadi lebih sederhana.

“Saya dan istri saya, kebetulan kami berpandangan bahwa harta benda membawa kejengkelan,” katanya. “Kami [menganut] 'lebih sedikit lebih banyak.'”

2. Jangan berikan semuanya kepada anak-anak 

Banyak keluarga yang menabung dan menginvestasikan uangnya dengan harapan dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Tetapi, bagi orang yang sangat kaya, memberikan semua uang mereka kepada anak-anak mereka mungkin bukan ide yang baik, menurut Cooperman.

“Jika Anda memiliki banyak uang, memberikan semua uang Anda kepada anak-anak Anda adalah kesalahan karena Anda merampas pencapaian diri mereka,” jelasnya.

3. Jangan memberi terlalu banyak kepada pemerintah

“Hanya orang bodoh yang akan memberikan uang kepada pemerintah lebih dari yang mereka berhak [lakukan],” kata Cooperman. "Anda membayar pajak Anda sebagai warga negara yang baik dan sisanya Anda simpan."

Cooperman menambahkan bahwa setiap orang harus membayar pajak mereka tetapi investor memiliki gagasannya sendiri tentang apa yang merupakan bagian yang adil bagi orang Amerika yang kaya.

“Saya bersedia bekerja enam bulan dalam setahun untuk pemerintah dan enam bulan untuk diri saya sendiri, yang tampaknya masuk akal bagi saya,” kata Cooperman. "Di luar itu, itu menjadi penyitaan."

3 dari 3 halaman

4. Terakhir dan terbaik: Donasikan

Penggunaan terbaik dari akumulasi kekayaan adalah menyumbangkannya untuk amal atau menggunakannya untuk membantu orang lain, kata Cooperman.

"Daur ulang kembali ke masyarakat dan cobalah menjadikan dunia tempat yang lebih baik," katanya. “Dan itulah komitmen saya,” imbuh Cooperman.

Cooperman dan istrinya pada tahun 2010 berkomitmen untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk kegiatan filantropi atau amal melalui Giving Pledge, sebuah inisiatif yang dibuat oleh Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett.

“Saya jauh dari orang yang paling dermawan, saya berharap saya memiliki lebih banyak uang untuk diberikan,” kata Cooperman.

Dia mengatakan sistem pajak saat ini memberi insentif kepada orang kaya untuk memberikan uang mereka terutama mereka yang dapat menyumbangkan aset berharga seperti saham yang belum mereka bayarkan pajak.

“Kode pajak dirancang untuk mendorong filantropi,” jelas Cooperman. “Sejauh Anda memberikan dolar sebelum pajak yang dihargai, itu mengurangi biaya Anda.”

Di luar keringanan pajak, bagaimanapun, Cooperman memiliki alasan lain untuk mendonasikan kekayaannya: “Ini memberinya kegembiraan,” pungkasnya.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.