Sukses

Kisah Manis Diah, Rintis Bisnis Minuman Sehat Bermodalkan Rp 1,5 Juta

Tak ada yang menyangka jika keputusan Diah dan suaminya untuk resign dari pekerjaan dan nekat membuka bisnis bakal berbuah manis

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang menyangka jika keputusan Diah dan suaminya untuk resign dari pekerjaan dan nekat membuka bisnis bakal berbuah manis.

Dengan modal hanya Rp 1,5 juta saja, Diah dan suaminya menciptakan brand minuman sehat yang dikemas kekinian, Me Time. Tak tanggung-tanggung, Rp 1 juta modal digelontorkan untuk 'membeli' ilmu berbisnis.

Usaha plant based milk milik Diah berdiri sejak 2017. Produknya sudah menjangkau ke seluruh Indonesia, terutama untuk produk non cair seperti almond panggang, almond bubuk dan lainnya.

"Karyawan kita hanya bertiga. Saya, suami dan karyawan packing. Saya concern di marketing dan pembinaan SDM. Suami saya di produksi, stok, operasional," ujarnya kepada Liputan6.com, Sabtu (8/5/2021).

Untuk pemasaran, Diah melakukan rekrutmen secara daring. Hingga kini, terdapat 100 orang marketing, agen dan reseller Me Time yang dibinanya melalui grup media sosial.

Tentu, bisnis Me Time Diah tidak langsung berhasil begitu saja. Me Time mengalami banyak jatuh bangun dalam perjalanannya.

"Kita kan rilis di 17 Februari 2017. Dari hari pertama, sampai pertengahan 2018 nanjak, nanjak banget terutama di 2017. Di 2018 mulai fluktuatif,"

Karena euforia bisnis baru, Diah dan suaminya sempat kewalahan mengelola keuangan Me Time utamanya dalam membagi jatah profit kepada investor dan reseller.

"Keuangannya sakit. Omzet besar, tapi profitnya kecil. Akhirnya, kita eliminasi orang-orang. Di November 2018, kita mulai dari awal, nggak pakai tim. Hanya saya dan suami saja," katanya.

Belum lagi, kala itu ada pembeli yang keberatan dengan ongkos kirim produk karena harganya lebih mahal dibandingkan harga minumannya. Demi pelanggan, Diah dan suami beserta anak mereka rela mengantar produk minuman dari stasiun ke stasiun, supaya ongkos kirim bagi pelanggan lebih murah.

Pada pertengahan 2019, keuangan Me Time sudah mulai sehat. Meskipun pada tahun 2020 penjualan cukup sulit, Diah tidak menerapkan strategi banting harga untuk menggaet pembeli.

"Kita pasang strategi bisnis terus branding, rekrut marketer. Bagaimana membuat konten, bagaimana caranya tidak harus menurunkan harga," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Bisnis

Menurutnya, dalam memulai bisnis, seseorang wajib memiliki goal alias tujuan. Tujuan yang jelas akan menghindari si pebisnis dari inkonsistensi merawat bisnisnya.

"Sepengalaman saya 4 tahun merintis dan mengenal banyak pelaku UMKM, mereka itu kadang tidak fokus dengan produknya sendiri. Banyak yang mudah tergoda untuk berjualan produk lain," katanya.

"Padahal, bisnis itu layaknya mendidik dan membesarkan anak. Harus ulet dan konsisten. Jadi yang masih tergoda produk lain, itu tidak berbisnis, namun berjualan," tandasnya.

Diah juga tak lupa mengingatkan para pebisnis untuk selalu meng-upgrade ilmu agar usaha lebih terarah.

"Lalu yang tidak kalah penting, kerjakan sesuai passion supaya nggak lelah, karena bisnis butuh energi 3 kali lipat dari bekerja kantoran," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.