Usai Cerai dari Bill Gates, Melinda Gates Resmi Masuk Jajaran Miliarder Dunia

Oleh Liputan6.com pada 07 Mei 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 23:03 WIB
Bill Gates dan Melinda di video Gates Foundation.
Perbesar
Bill Gates dan Melinda di video Gates Foundation. Dok: YouTube - Gates Foundation
Liputan6.com, Jakarta Bill Gates bercerai dengan Melinda Gates menjadi berita yang cukup menyedot perhatian dunia. Keduanya mengumumkan kabar perceraiannya kepada publik pekan ini.
 
Bbeberapa media mulai mengungkap sejumlah proses transfer kekayaan yang diterima Melinda Gates sebagai bagian proses perceraiannya. 
 
Tidak tanggung-tanggung, beberapa dokumen yang diungkap berisi bukti adanya transfer saham kepada Melinda dengan nilai miliaran dolar. Karenanya, Melinda kini secara resmi masuk kategori miliarder dunia, seperti dikutip dari Forbes, Jumat (7/5/2021) 
 
Meski begitu, tidak diketahui pasti berapa nominal yang akan Bill Gates bagikan kepada Melinda sebagai perjanjian perceraian.
 
Meski begitu, total dari sejumlah saham yang sudah ditransfer ke Melinda hingga saat ini nilainya ditaksir mencapai USD 2,4 miliar atau sekitar Rp 34,3 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.300). 
 
Nilai tersebut diketahui ditransfer langsung perusahaan pengelola investasi Bill Gates, Cascade Investment pada hari Senin, 3 Mei. Di hari yang sama pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka, ini menurut dokumen dari regulator saham di Amerika Serikar (SEC). 
 
Di antara saham bernilai USD 2,4 miliar tersebut, merupakan investasi Bill Gates di sejumlah perusahaan.
 
Bloomberg pertama kali mengabarkan, Melinda mendapat transfer 2,94 juta lembar saham AutoNation, yang merupakan perusahaan ritel otomotif. Nilai saham tersebut setara USD 309 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun. 
 
Sebagian besar dari total kekayaan baru Melinda tersebut didapatkan dari pemberian 14,1 juta lembar saham Bill Gates di Canadian National Railway Co. Nilai belasan juta lembar saham tersebut mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,4 triliun. 
 
Bukan hanya itu, dalam laporan Wall Street Journal, Melinda juga mendapat transfer saham Bill Gates di perusahaan produsen minuman soda, Coca-Cola Femsa. Jumlah saham yang diterima 25,8 juta lembar saham dengan nilai USD 120 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun.
 
Termasuk 155,4 juta lembar saham di perusahaan penyiaran Mexico, Mexican Broadcaster Groupo Televisia SA. Nilaimya mencapai USD 386 juta atau sekitar Rp 5,5 triliun. 
 
 
2 dari 3 halaman

Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates

Melinda Gates dan Bill Gates
Perbesar
Melinda Gates dan Bill Gates. (dok.Instagram @thisisbillgates/https://www.instagram.com/p/B1MAB9TA6lh/Henry)
Kabar mengejutkan bubarnya rumah tangga salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates jadi topik terhangat seminggu terakhir. Sebagian besar menantikan proses pembagian harta gono-gini yang melibatkan harta lebih dari 100 miliar dolar. 
 
Sejumlah saham yang ditransfer Bill Gates kepada Melinda diduga kuat jadi salah satu proses pembagian harta pasca perceraian. Meski begitu, beberapa juga menduga Bill Gates juga telah mengalihkan sejumlah hartanya kepada calon mantan istrinya itu secara tertutup yang tidak diketahui publik. 
 
Dalam dokumen pengajuan cerai yang dimasukkan Melinda ke pengadilan negara bagian Washington, Amerika Serikat, diketahui keduanya tidak memiliki perjanjian pra-nikah. Perjanjian ini lumrah dipakai untuk mengatur proses bagi harta pasangan jika bercerai. 
 
Meski begitu, mereka memiliki perjanjian perceraian yang diduga telah mereka bicarakan sebelumnya. Dan sesuai aturan di tempat mereka tinggal, harta ratusan miliar dolar Bill Gates saat ini dikategorikan sebagai harta bersama dengan Melinda yang harus dibagi rata secara adil. 
 
Ini bukan berarti Melinda bakal mendapat nilai setengah dari kekayaan Bill Gates saat ini. Nominal yang akan didapatkannya masih bergantung pada putusan pengadilan, ia berpotensi mendapat lebih dari setengah atau justru kurang. 
 
Beberapa ahli juga menekankan bahwa proses pembagian harta gono-gini keduanya mungkin bakal lebih sulit dari perkiraan. Pasalnya porsi yang cukup besar dari aset Bill Gates  berasal dari yayasan yang dikelolahnya dengan Melinda, Bill and Melinda Gates Foundation.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said
 
 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓