Pameran Produk Unggulan Sriwijaya Expo 2021 Digelar Akhir Mei 2021

Oleh Liputan6.com pada 06 Mei 2021, 11:10 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 15:04 WIB
Sriwijaya Expo 2021
Perbesar
Sriwijaya Expo 2021

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Sriwijaya Expo 2021 akan kembali digelar pada tanggal 29 Mei - 4 Juni 2021 di area Dining Hall, Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Gelaran event terbesar di Sumatera Selatan ini akan dilaksanakan dalam rangka menyongsong Piala Dunia U-20 tahun 2023 dan memeriahkan HUT Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ke-75. Gelaran Sriwijaya Expo ini di buka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M.

Untuk diketahui Sriwijaya Expo merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan. Event ini akan menampilkan pameran produk unggulan, jasa, investasi, pariwisata, industri, dan kerajinan atas inisiator Ketua Dekranasda Sumsel Febrita Lustia.

"Sriwijaya Expo 2021 dilaksanakan untuk meningkatkan sektor Industri, Perdagangan, Pariwisata dan Investasi di Provinsi Sumatera Selatan dengan mendatangkan wisatawan dan investor dari dalam maupun luar negeri. Selain itu juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekitar dan berdampak pada peningkatan ekonomi baik sektor ekonomi mikro dan makro. Serta sebagai ajang promosi kesenian daerah," kata Ketua Panitia Sriwijaya Expo 2021, yang juga Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Ernila Rizar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Konsep Sriwijaya Expo 2021 kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, disebabkan Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang masih berada di zona merah pandemi Covid-19.

Sementara itu Direktur PT Garindo Media Tama Dian Ekayanto, selaku event organizer mengatakan bahwa perbedaan yang signifikan dalam acara ini adalah adanya protokol kesehatan yang akan diberlakukan selama pagelaran Sriwijaya Expo berlangsung.

"Kami akan memberlakukan protokol kesehatan agar Sriwijaya Expo 2021 tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Selain menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, panitia juga mewajibkan pemakaian masker kepada seluruh panitia, peserta, dan pengunjung selama acara berlangsung. Selain itu kami juga akan membatasi jumlah pengunjung, khususnya di dalam Dining Hall. Panggung acara yang biasanya merupakan daya tarik masyarakat di acara ini, juga akan kami tiadakan," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Agenda Acara

Buah Kesuksesan Urban Farming Hingga Ekonomi Kerakyatan Warga Sumsel
Perbesar
UMKM mitra binaan Pertamina, Rimanci Handbag di Musi Rawas (Mura) Sumsel menyerap para perempuan di sekitarnya untuk meningkatkan pendapatan kebutuhan sehari-hari (Liputan6.com / Nefri Inge)

Sebagai gantinya, akan diadakan seminar dan talk show interaktif tentang kepemudaan dan kewirausahaan, yang akan mengundang tokoh-tokoh muda yang telah sukses menjalankan bisnisnya untuk berbagi ide dan gagasan kepada anak muda yang akan memulai bisnis sendiri. Acara ini akan diadakan secara hybrid, yaitu di area pameran dan juga secara online.

Tidak hanya itu, dalam pagelaran Sriwijaya expo ini juga dimeriahkan festival fashion dan sneakers, festival kuliner, kompetisi cupang, kompetisi e-sport, vape fair dan berbagai produk kopi asli dari seluruh indonesia yang di kemas dalam festival kopi nusantara

Selain jajaran instansi dan dinas di Provinsi Sumatera Selatan, peserta expo juga akan diikuti oleh instansi pemerintah pusat dan provinsi/kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Juga UMKM dan koperasi; perusahaan swasta nasional, mitra binaan, perbankan, dan asuransi; serta BUMN dan BUMD.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓