Sukses

Kasus Covid-19 di India, Malaysia, dan Thailand Naik, Bagaimana Indonesia?

Lonjakan kasus aktif Covid-19 di sejumlah negara menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Lonjakan kasus aktif Covid-19 di sejumlah negara menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia.

Utamanya adalah masalah kesehatan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, masalah kesehatan menjadi prioritas utama yang terus ditangani oleh pemerintah.

Sebab jika pemerintah bisa kendalikan kesehatan, kepercayaan terhadap masyarakat akan muncul. Pada akhirnya ekonomi bisa mulai bangkit kembali.

"Pelajarannya memang yang penting bagaimana bisa membuat masyarakat confident, kesehatan dijaga makanya program vaksinasi sangat penting dan terus kita dorong," katanya dalam dialog Kabar Penyerapan Dana PEN 2021, Kamis (6/5/2021).

Dia mencontohkan, beberapa negara seperti India, Malaysia, dan Thailand menunjukan peningkatan kasus aktif harian Covid-19 yang meningkat. Itu terjadi karena lemahnya protokol kesehatan yang dilakukan negara-negara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PPKM Mikro

Sementara Pemerintah Indonesia sendiri, meski kasus aktif harian mencatatakan tren membaik namun masalah protokol kesehatan tetap nomor satu.

Hal itu ditandai dari berabagai kebijakan mulai dari pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro hingga pelarangan mudik lebaran.

"Jadi ini hal-hal jadi pelajaran, di mana kita tetap buat keseimbangan antara jaga kesehatan dan tetap beraktivitas, pelajaran banyak kita peroleh dari negara negara lain dan bagaimana kita atasi perekonomian," jelasnya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini