Sukses

Blue Origin Milik Jeff Bezos Mulai Lelang 1 Kursi Wisata ke Luar Angkasa, Minat?

Perusahaan perjalanan luar angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin memulai lelang untuk satu kursi dalam misi penerbangan laur angkasa pertama Blue Origin.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya mengumumkan bakal membuka tiket perjalanan komersil ke luar angkasa, perusahaan penerbangan luar angkasa milik Jeff Bezos, Blue Origin memulai lelang untuk satu kursi penerbangan tersebut. 
 
Dikutip dari CNN, Kamis, (6/5/2021) perusahaan penerbangan luar angkasa milik Jeff Bezos Blue Origin ini bakal meluncurkan misi perjalanan luar angkasa yang diberinama "New Shepard" pada 20 Juli 2021. Perusahaan melelang satu kursi kepada publik dengan penawaran tertinggi untuk ikut serta dalam misi tersebut. 
 
Periode lelang akan dimulai terhitung 5 Mei kemarin hingga 19 Mei mendatang secara tertutup. Artinya tidak ada yang bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah mengajukan lelang dan nominal yang ditaruhkan. Sementara itu, periode lelang secara terbuka akan dimulai 19 Mei hingga 12 Juni. 
 
Hasil lelang rencananya bakal didonasikan kepada yayasan Club for the Future. Yayasan binaan Blue Origin yang fokus pada kampanye kepada anak-anak untuk tertarik belajar sains dan teknologi. 
 
Dalam misi ini, perusahaan belum membeberkan secara jelas siapa lagi yang bakal dalam penerbangan ini selain pemenang lelang nanti. Termasuk tidak diketahui berapa nominal lelang yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai pemenangnya. 
 
Kursi yang dilelang akan menjadi satu-satunya kursi yang dijual kepada publik pada penerbangan pertama ini. Sementara beberapa kursi lainnya diisi oleh orang yang dipilih oleh Blue Origin. 
 
Sekalipun membuka pelelangan kepada publik, perusahaan juga memberikan sejumlah persyaratan yang bisa ikut dalam penerbangan tersebut. 
 
Harus berusia 18 tahun ke atas, mampu menaiki tujuh anak tangga dengan cepat dalam 1,5 menit. Secara fisik juga harus memiliki tinggi sekitar 152 hingga 192 cm dan berat 50 hingga 101 Kg. 
 
Dengan kondisi yang jauh berbeda dengan di bumi, penumpang juga harus dapat mengencangkan dan melepaskan sabuk pengaman dalam waktu kurang dari 15 detik. Menghabiskan waktu hingga satu setengah jam diikat ke dalam kapsul dengan palka tertutup, dan menahan kekuatan hingga 5,5 Gravitasi saat turun.
 
 
 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah 6 Tahun Pengembang

Ini akan jadi penerbangan dengan awak pertama yang diluncurkan oleh Blue Origin, setelah lebih dari 6 tahun lamanya perusahaan melakukan pengembangan New Shepard. 
 
New Shepard, pesawat luar angkasa otonom yang dapat membawa hingga enam orang, telah melakukan lebih dari selusin penerbangan uji otomatis tanpa awak di fasilitas Blue Origin di Texas, hampir semuanya berjalan seperti yang diharapkan. 
 
Blue Origin didirikan 21 tahun lalu oleh miliarder Amazon sekaligus orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. Perusahaan terus bersaing dengan sejumlah kompetitor, terutama SpaceX milik Elon Musk. 
 
New Shepard terdiri dari dua bagian yang dapat digunakan kembali. Yaitu kapsul berbentuk kubah kecil dengan jendela persegi panjang yang menganga sebagai tempat para penumpang. Dan pendorong roket setinggi 60 kaki yang meledakkan kapsul hingga tiga kali kecepatan suara saat meluncur ke luar angkasa. 
 
Secara keseluruhan, penumpang akan menghabiskan total sekitar 10 menit di luar angkasa dan mendaki hingga lebih dari 60 mil di atas Bumi.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.