Sukses

Punya Pimpinan Baru, Dirjen Bea Cukai Jakarta dan Marunda Kunjungi Orson Indonesia

Dirjen Bea Cukai Jakarta & Marunda melakukan kunjungan ke PT Orson Indonesia beberapa waktu lalu

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Bea Cukai Jakarta & Marunda melakukan kunjungan ke PT Orson Indonesia beberapa waktu lalu. Kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Marunda, Sehat Yulianto, Kepala Kantor Direktorat Jendral Bea dan Cukai Jakarta, Decy Arifinsjah, dan Direktorat Jendral Bea Cukai Marunda, Askolani.

Kunjungan ini disambut dan didampingi langsung oleh Direksi Utama PT Orson Indonesia yakni Presiden Direktur PT Orson Indonesia, Romi Nathani, melakukan penyambutan kepada Dirjen Bea Cukai Jakarta dan Marunda.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengenalan Direktorat Jendral Bea dan Cukai Marunda, Askolani. Pada kesempatan ini, Manajer Pabrik dari PT Orson Indonesia, Heru Saprullah, menjelaskan kepada Dirjen Bea Cukai Jakarta & Marunda secara garis besar bagaimana mereka memproduksi sabun batang, menjalankan seluruh sistem hingga pelaksanaan pengiriman ekspor untuk klien-klien yang berada di luar negeri.

Selanjutnya, Account Manager dari PT Orson Indonesia, Reiner Rogate Sinaga, menjelaskan mengenai produk dan merek yang dimiliki oleh PT Orson Indonesia yang sudah terkenal di luar negeri, dan sekarang sedang merambah pasar Indonesia.

"PT Orson Indonesia tidak hanya memproduksi produk dan merek yang dimiliki, tetapi juga PT Orson Indonesia bekerja sama dengan Unilever dan Godrej dalam memproduksi sabun batang," ujar Reiner Rogate Sinaga.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian plakat oleh Presiden Direktur PT Orson Indonesia, Romi Nathani kepada Dirjen Bea Cukai Jakarta & Marunda sebagai tanda apresiasi atas kunjungannya.

"Dan dengan adanya kunjungan dari Dirjen Bea Cukai Jakarta dan Marunda, diharapkan perkenalan ini dapat menjadi permulaan yang baik dalam kegiatan kerja sama dan pemberian dukungan untuk kedua belah pihak dalam menjalankan kegiatannya," ujar Presiden Direktur PT Orson Indonesia, Romi Nathani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimalkan Potensi Ekspor Bea Cukai Terus Gali Potensi dari Berbagai Daerah

Untuk mengoptimalkan potensi ekspor dari berbagai daerah, Bea Cukai secara aktif memberikan edukasi kepada calon eksportir. Seperti yang diselenggarakan oleh Bea Cukai Gresik pada Sabtu (01/05) dalam kegiatan Customs On The Street. Dalam kesempatan ini, Bea Cukai Gresik mengenalkan klinik ekspor pada asosiasi UMKM Kabupaten Gresik.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap pelaku UMKM dapat melebarkan target pasar ke kancah internasional,” Bier Budy, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik menyampaikan.

Pada kesempatan ini pula, Bea Cukai Malili melaksanakan asistensi pada pengusaha UKM Ammanagappa terkait prosedur ekspor. Bertempat di Kecamatan Towuti, Bea Cukai juga mendorong UKM dengan produk unggulan berupa lada ini untuk memasarkan produknya ke pasar global.

“Sudah tersedia kurang lebih delapan ton udang yang rencananya akan diekspor setelah lebaran nanti. Dan tentunya, harus dipastikan kualitasnya adalah yang terbaik, agar ekspor udang ini dapat berjalan secara kontinyu,” kata I Made Aryana, Kepala Kantor Bea Cukai Timika saat menghadiri focus group discussion terkait koordinasi pelaksanaan ekspor perdana komoditas udang ke Jepang oleh Bea Cukai Timika, pada Jumat (30/4).

Selain itu, Bea Cukai Merauka berkolaborasi dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merauke menyelenggarakan sosialisasi terkait ekspor. 

“Dalam periode dua bulan terakhir, sudah ada 3 perusahaan yang melakukan ekspor perdana kepiting ke Hongkong. Ekspor perdana ini membuktikan bahwa Merauke memiliki potensi besar untuk ekspor di sektor perikanan, juga komoditi lainnya. Dan Bea Cukai bersinergi dengan instansi terkait lainnya, akan terus mendukung setiap eksportir,” ujar Nazwar, Kepala Kantor Bea Cukai Merauke dalam sambutannya.

Pada kegiatan ini sekaligus diberikan penghargaan Pelaku Usaha Inspiratif kepada UD. Maro Abadi, UD. Zada Jaya, dan UD. Merauke Crab, atas kontribusi nyata terlaksananya ekspor perdana produk perikanan.

“Untuk mendorong pemulihan ekonomi melalui ekspor, kami berharap, dapat terus melahirkan eksportir baru dari Merauke,” jelas Nazwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.