Top 3: Lapor PNS yang Nekat Mudik hingga Kapal yang Angkat KRI Nanggala 402

Oleh Andina Librianty pada 05 Mei 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 06:30 WIB
Tingkat Mutu dan Produktivitas, Kemnaker Ajak ASN Indramayu Belajar dari Pelaku Industri
Perbesar
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara atau PNS

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) atau PNS beserta keluarganya dilarang bepergian ke luar daerah dan mudik menjelang dan sesudah Lebaran 2021.

Sebab, sudah sewajarnya jika PNS juga mengajak masyarakat di lingkungannya untuk bersama-sama mematuhi kebijakan larangan mudik.

Kementerian PANRB pun mengajak masyarakat yang mengetahui ada PNS yang mudik, dapat melaporkan ke Kementerian PANRB melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Artikel mengenai cara melaporkan PNS yang masih nekat mudik Lebaran 2021 ini paling banyak dibaca. Selain itu, masih ada beberapa artikel menarik.

Berikut daftar artikel paling banyak dibaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (5/5/2021):

2 dari 5 halaman

1. Ada PNS Nekat Mudik Lebaran, Yuk Lapor ke Sini

Hari Pertama Masuk, PNS DKI Jakarta Langsung Aktif Bekerja
Perbesar
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meminta masyarakat untuk aktif melaporkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang nekad mudik Lebaran 2021.

Hal ini lantaran pemerintah telah melarang keras PNS untuk pulang kampung seiring dengan adanya kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

"#RekanASN, sebagai abdi negara kita harus bisa menjadi teladan masyarakat dalam menjalankan kebijakan pemerintah, salah satunya tidak mudik pada perayaan Idulfitri tahun ini," dikutip dari akun Instagram Kementerian PANRB @Kemenpanrb, Selasa (4/5/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 5 halaman

2. Sri Mulyani Waspadai Varian Baru Covid-19, Bisa Ganggu Pemulihan Ekonomi

FOTO: Ribuan Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi Dosis Pertama Secara Massal
Perbesar
Vaksinator bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama produksi Sinovac kepada tenaga kesehatan saat vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). Rencananya, sekitar enam ribu tenaga kesehatan akan mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah menyadari perkembangan Covid-19 masih akan menjadi tantangan terhadap pemulihan ekonomi. Bahkan tidak hanya tahun ini saja, tantangan akibat dari pandemi ini diprediksi masih berlanjut hingga tahun depan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini kasus harian Covid-19 di seluruh dunia terus meningkat dengan mencapai lebih dari 800 ribu kasus per hari. Selain itu muncul berbagai varian baru covid-19, serta adanya gelombang baru pandemi yang terjadi di berbagai negara besar.

"Varian baru mungkin akan menimbulkan komplikasi dalam penanganan covid. Pada saat yang sama kita melihat meskipun program vaksinasi dimulai di seluruh dunia, namun aksesnya tidak merata," kata dia dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5).

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 5 halaman

3. Sederet Kapal Super yang Bakal Angkat KRI Nanggala 402 dari Dasar Laut Bali

kapal
Perbesar
Kapal Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy) yang tiba di Perairan Bali, Minggu (2/5/2021), untuk membantu Indonesia mengevakuasi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam pada 21 April lalu. (Ist)

TNI AL terus berusaha untuk mengangkat KRI Nanggala 402 dari dasar perairan utara Bali. Dengan kedalaman 838 meter, membuat pengangkatan harus melibatkan kapal-kapal dari negara lain.

China menjadi salah satu negara yang akan terlibat dalam pengangkatan KRI Nanggala 402 ini dengan mengerahkan dua kapal 'Super' nya. Selain itu, Indonesia pun juga memiliki kapal super, yaitu kapal milik SKK Migas.

Berikut daftar kapal-kapal punya kemampuan khusus yang terlibat dalam pengangkatan KRI Nanggala 402, seperti dikutip Liputan6.com dari akun instagram TNI AL, Selasa (4/5/2021):

Baca artikel selengkapnya di sini

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓