Sukses

Jadi Eksportir Terbesar, Jokowi Minta Mentan Bina Petani Sarang Burung Walet RI

Presiden Jokowi meminta agar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan akselarasi dari hulu ke hilir para petani sarang burung walet dan tanaman porang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan akselarasi dari hulu ke hilir para petani sarang burung walet dan tanaman porang.

Hal tersebut seiring dengan dua tanaman ini dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cepat dan Indonesia merupakan salah satu penghasil ekspor sarang burung walet terbesar.

"Sesuai dengan petunjuk bapak Presiden mengakselerasi di hulu ke hilir, terutama dari mempersiapkan mengasistensi atau melakukan pembinaan baik porang, maupun sarang burung walet," kata Syahrul Yasin Limpo usai mengikuti rapat terbatas terkait Pengembangan Budidaya Sarang Burung Walet dan Tanaman Porang, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (4/5).

Kemudian yang kedua, Jokowi juga meminta agar Syahrul bisa menggolongkan daerah-daerah penghasil sarang burung walet. Sehingga dapat mempermudah untuk melakukan produksi.

Terakhir kata dia, Jokowi juga meminta agar Syahrul membuat regulasi yang berpihak pada petani, sehingga nilai ekspor yang didapat nantinya juga akan bermanfaat bagi masyarakat.

"Terakhir bapak Presiden meminta berpihak kepada rakyat tidak harus dibuat ribet, dibuat regulasi-regulasi yang tidak menghambat," bebernya.

Sebab itu, nantinya dia bersama Menteri Perdagangan,Muhammad Lutfi akan semaksimal mungkin untuk bisa melakukan nilai ekspor sarang burung walet dan tanaman porang.

"Saya selaku mentan bersama-sama dengan Mendag akan mencoba melakukan upaya maksimal memberikan ruang bagi petani porang dan petani rumah burung walet agar besok kita mendapat niat ekspor kepentingan negeri dan rakyat," bebernya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sarang Burung Walet Jadi Ikon Baru Ekspor Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus fokus untuk memacu ekspor komoditas sarang burung walet (SBW) yang menunjukan peningkatan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Produk subsektor peternakan ini bahkan didaulat sebagai ikon baru ekspor pertanian.

Dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat ekspor pertanian pada bulan Januari 2021 tumbuh 13,91 persen secara tahunan atau year on yeat (YoY). Kinerja ekspor komoditas sarang burung walet bersama dengan komoditas aromatik, rempah dan hasil hutan menjadi penyumbang terbesarnya.

"Sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di dunia, para pelaku usaha Indonesia banyak menyasar pasar China karena harga jual yang lebih tinggi dibandingkan negara tujuan lain," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil melalui keterangan tertulisnya (22/2/2021).

Menurut Jamil, pada 2020 lalu dari 1,1 ribu ton ekspor sarang burung walet, 23 persen atau 262 ton berhasil masuk China. Sisanya 77 persen ke 22 negara lain seperti Australia, Hong Kong hingga Amerika Serikat.

Ketua Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI) Boedi Mranata juga menyebutkan, proses menembus pasar China membutuhkan waktu yang lama dan panjang.

"Diperlukan kesungguhan dan kepatutan yang tinggi untuk dapat memenuhi standardnya, karena selain kandungan nitrit diperlukan juga hygiene / sanitasi sesuai standar keamanan pangan Internasional," ungkapnya.

"Pihak Otoritas China (The General Administration of Customs of the People’s Republic of China, atau GACC) juga mempersyaratkan ketertelusuran (tracebility). Mereka sudah menggunakan teknologi berupa barcode, jadi tidak bisa main-main," jelas Boedi.

3 dari 3 halaman

Eksportir Terdaftar

Secara teknis, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan, Agus Sunanto, menyebutkan pihaknya mendukung pelaku usaha yang memiliki minat dan kemampuan untuk memasuki pasar China

"Di situasi pandemi, pihak GACC belum dapat melakukan audit langsung ke Indonesia, dan meminta otoritas Indonesia dalam hal ini Barantan untuk memverifikasinya," tutur Agus.

Saat ini telah ada 23 eksportir yang telah didaftarkan oleh China dan 13 eksportir baru yang dalam proses audit. Prosesnya berjalan sejak 2019 oleh pihak GACC, namun terhenti akibat pandemi di tahun 2020.

Selanjutnya, pihak otoritas China meminta Barantan untuk melanjutkan proses auditnya. Termasuk pengisian tambahan kuesioner dan pembuatan video rumah walet dan tempat pemrosesan dengan bahasa mandarin.

"Semua proses kami lakukan dengan virtual. Tidak ada pembatasan atau kuota ekspor untuk pasar Tiongkok, yang ada adalah kesesuaian jumlah produksi dengan kapasitas produksi," ujar Agus.

Dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, pelaku usaha dan instansi lainnya sangat penting agar sarang burung walet asal Indonesia dapat berada di ekosistem yang baik.

"Kami berharap dalam waktu dekat makin banyak pelaku usaha SBW yang dapat menembus pasar China dan pasar lain. Kita pacu agar terus berkontribusi pada peningkatan ekspor di sektor pertanian," pungkas Agus. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.