Sukses

Cegah Kerumunan, Ancol Tetap Berlakukan Kapasitas Maksimal 50 Persen

Ancol dengan ketat memberlakukan pembatasan pengunjung dan mengarahkan pembelian tiket secara online.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol masih memberlakukan kapasitas maksimal pengunjung 50 persen selama operasional taman hiburan di bulan Ramadan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan lantaran sudah memasukin masa libur menjelang lebaran.

Manajer Komunikasi Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, pihaknya dengan ketat memberlakukan pembatasan pengunjung dan mengarahkan pembelian tiket secara online. 

"Untuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol selama ini masih ada batasan kuota maksimal 50 persen kapasitas dan diarahkan beli tiket online di ancol.com sebelum kedatangan," ujar Rika kepada Liputan6.com, Senin (3/5/2021).

Adapun selama Ramadan, pengunjung Ancol tercatat mencapai 5 hingga 7 ribu orang per hari pada saat hari biasa (weekday) dan mencapai 10 hingga 15 ribu orang per hari pada saat akhir pekan (weekend).

Rika mengatakan, jumlah pengunjung Ancol ini masih di bawah kapasitas maksimal 50 persen. Untuk libur lebaran sendiri, pengunjung maksimal hanya boleh mencapai 60 ribu orang dari kapasitas di masa sebelum pandemi yang berkisar 120 ribu orang per hari.

"Kami upayakan tetap terkendali (jumlah pengunjung di libur lebaran) karena kami ada batasan kuota pengunjung," kata Rika.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Lalu

Adapun, pada libur lebaran sebelumnya, kawasan Ancol sepi pengunjung lantaran adanya penerapan PSBB ketat oleh pemerintah. Barulah saat libur lebaran Idul Adha, jumlah pengunjung mulai meningkat jadi 27 ribu orang per hari. 

Sebelum pandemi virus corona Covid-19, jumlah pengunjung Ancol pada liburan panjang mencapai angka 120 ribu orang per hari. Untuk liburan akhir pekan, mencapai angka 40 ribu orang per hari. 

Sedangkan di hari normal berkisar 10 ribu hingga 20 ribu jika ada kunjungan rombongan wisata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.