Sukses

Gandeng BUMN Korsel, SPAM Karian-Serpong Suplai Air Bersih Jakarta dan Tangerang

Proses konstruksi SPAM Regional Karian-Serpong akan dilaksanakan setelah pengerjaan Bendungan Karian selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia resmi menggaet Korea Water Resources Corporation (K-Water) selaku BUMN asal Korea Selatan untuk menggarap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Karian-Serpong.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) SPAM Regional Karian-Serpong antara pemerintah dengan konsorsium pemenang lelang, K-Water dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, yang dilaksanakan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Pada acara tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap kepada K-Water, agar proyek SPAM Regional Karian-Serpong ini nantinya dapat beroperasi sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan.

"Kalau yang Karian-Serpong ini Insya Allah sesuai kurun waktunya nanti setelah selesai Bendungan Kariannya tidak terlalu lama, sehingga kita bisa manfaatkan airnya untuk SPAM regional ini," kata Menteri Basuki.

Secara jadwal, proses konstruksi SPAM Regional Karian-Serpong akan dilaksanakan setelah pengerjaan Bendungan Karian selesai, tepatnya dimulai pada November 2021. Proyek ini akan memakan jangka waktu konstruksi 3 tahun hingga penyelesaian pada Oktober 2024.

Menteri Basuki melanjutkan, SPAM Regional Karian-Serpong ini nantinya jika sudah rampung akan memberikan air baku sebanyak 4.600 liter per detik untuk tiga wilayah, yakni DKI Jakarta, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

"Ini juga akan segera dapat dimanfaatkan karena harus didistribusikan ke DKI Jakarta 3.200 liter per detik, Kota Tangerang 750 liter per detik, dan Kota Tangerang Selatan 650 liter per detik," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Air Minum

Pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong nantinya juga diproyeksikan untuk menghasilkan pasokan kepada 368 ribu sambungan rumah, atau untuk memberi layanan air minum kepada sekitar 1,84 juta jiwa.

Terdiri dari sekitar 256 ribu sambungan rumah atau setara 1,28 juta jiwa di DKI Jakarta, 60 ribu sambungan rumah atau setara 300 ribu jiwa di Kota Tangerang, dan 52 ribu sambungan rumah atau setara 260 ribu jiwa di Kota Tangerang Selatan.

Total investasi proyek SPAM Regional Karian-Serpong sebesar Rp 2,4 triliun. Adapun pengerjaannya akan dilakukan K-Water bersama Adhi Karya yang membentuk badan usaha pelaksana PT Karian Water Services.

Masa kerjasama untuk proyek ini adalah 33 tahun, yang terdiri dari 3 tahun masa konstruksi dan 30 tahun masa operasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.