Sukses

Viral Uang Koin Emas Rp 100 Ribu untuk THR Lebaran, Begini Kata Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) menepis kabar telah menerbitkan uang koin emas pecahan Rp 100 ribu

Liputan6.com, Jakarta - Gambar uang koin pecahan Rp 100 ribu ramai tersebar di media sosial. Uang pecahan dengan warna keemasan tersebut isunya dikeluarkan untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) jelang Lebaran Idul Fitri 2021.

Namun, Bank Indonesia (BI) menepis kabar telah menerbitkan uang koin emas pecahan Rp 100 ribu tersebut. Pihak bank sentral lantas coba menjelaskannya melalui akun Instagram resmi @bank_indonesia.

"Dapet THR seratus ribu rupiah tapi dalam pecahan koin seperti di atas? Eits, jangan keburu senang dulu, karena Bank Indonesia memastikan tidak pernah uang seratus ribu rupiah dalam pecahan koin lho," tulis Bank Indonesia, dikutip Jumat (30/4/2021).

Bank Indonesia pun kemudian meminta masyarakat agar selalu mengecek kebenaran jika mendapat THR berbentuk uang koin pecahan Rp 100 ribu. Masyarakat juga diminta melaporkannya kepada BI apabila menemukan kasus seperti itu.

"Jadi, jangan mudah percaya hoaks. Caranya hubungi BICARA 131 untuk mendapatkan kepastian informasi seputar Bank Indonesia," imbuh keterangan resmi tersebut.

Belum lama ini, Bank Indonesia sebenarnya juga pernah mengedarkan uang pecahan baru senilai Rp 75 ribu. Berbeda dengan uang koin Rp 110 ribu, rupiah dengan nominal 75 ribu tersebut merupakan uang pecahan khusus (UPK) yang sah digunakan sebagai alat transaksi.

"UPK 75 Tahun RI merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender) dan dapat digunakan dalam transaksi keuangan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelas Bank Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Jombang Berburu Uang Koin Kuno di Area Persawahan

Sejumlah uang koin kuno di area persawahan milik Samari (50) warga Desa Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Temuan itu membuat warga sekitar berburu uang kuno itu selama hampir dua pekan ini.

Samari menemukan uang kuno di sawah miliknya. Uang kuno itu diduga adalah mata uang kepeng China yang berbentuk bulat dan berlobang tengah serta ada tulisan berhuruf China.

Yuliono (34) warga setempat, mengaku informasi penemuan uang kono ini dia peroleh dari tetangganya. "Awalnya yang menemukan pak Samari pemilik sawah ini. Kemudian warga setempat ikut-ikutan," ujar Yuliono, Selasa  (13/10/2020) seperti dikutip dari Times Indonesia.

Yuliono menyebut, uang kuno banyak dicari dan diburu oleh warga karena memiliki nilai sejarah, dan termasuk barang antik.

Selain uang kuno tersebut, warga juga ada yang menemukan serpihan serpihan kendi yang telah hancur. Selain itu terdapat pula serpihan keramik berwarna putih dan juga pecahan batu batu merah mirip candi.

"Dari pagi hingga sore ramai orang-orang mencari uang ini, ditemukan juga benda-benda aneh. Mungkin, kalau digali lebih dalam kayaknya ada sesuatunya,” ujar dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.