Sukses

Jelang Penutupan Pendaftaran, Ini Update Pelamar Sekolah Kedinasan 2021

Badan Kepegawaian Negara membagikan jumlah pendaftar Sekolah Kedinasan 2021 jelang penutupan pendaftaran pada hari ini, 30 April 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 akan ditutup pada Jumat, 30 April 2021 ini. Pembukaan sekolah kedinasan merupakan bagian dari seleksi CASN 2021.

 

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian mengatakan, calon pelamar masih memiliki waktu untuk membuat akun SSCASN, melengkapi data dan dokumen persyaratan serta menyelesaikan proses pendaftaran.

“Masih ada waktu untuk mendaftar sampai 30 April 2021 pukul 23.59 WIB. Bagi yang belum membuat akun atau pun belum menentukan sekolah dapat segera menuntaskan pendaftaran sampai tahap akhir,” ujar Andi di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Untuk mengetahui alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021, pelamar dapat mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran Dikdin 2021 pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/alur.

Bagi pelamar yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi layanan helpdesk daring Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui tautan https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home. Terkait syarat-syarat pendaftaran lainnya dapat dilihat pada laman masing-masing instansi/sekolah kedinasan.

Tidak lupa Andi mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya pelamar sekolah kedinasan agar waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang kerap muncul saat penerimaan sekolah kedinasan. Proses seleksi dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) yang dipastikan transparan dan akuntabel.

"Jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan menjadi mahasiswa atau taruna sekolah kedinasan,” jelas dia.

Badan Kepegawaian Negara telah membagikan jumlah pendaftar Sekolah Kedinasan 2021 jelang penutupan pendaftaran pada 30 April ini.

Ini diumumkan melalui akun resmi Facebook resmi BKN di @BKNgoid.  "Hai #SobatBKN, jelang sahur dan penutupan pendaftaran #Dikdin2021. Berikut mimin sampaikan update pelamar #Dikdin2021 Jumat, 230/4/21 pk. 02.00 WIB," mengutip pengumuman BKN, Jumat (30/4/2021).

Adapun rinciannya, yakni:

1. Peserta Membuat Akun 273.733

2. Peserta Pilih Sekolah 206.781

3. Peserta Submit 167.898

Untuk lengkapnya disimak update jumlah pendaftar Sekolah Kedinasan 2021 di tabel berikut:

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Link hingga Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2021

Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 resmi dibuka pada Jumat, 09 April 2021. Proses pendaftaran sekolah kedinasan akan berakhir pada hari ini, Jumat 30 April 2021.

Pembukaan sekolah kedinasan merupakan bagian dari seleksi CASN 2021. Di mana, selain sekolah kedinasan akan dibuka lowongan CPNS dan PPPK di Mei-Juni. 

Bagi yang minat mendaftar sekolah kedinasan bisa mengunjungi portal pendaftaran di https://sscasn.bkn.go.id yang kemudian dipilih https://dikdin.bkn.go.id/. Pendaftar hanya bisa melamar pada satu sekolah kedinasan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan jika pendaftaran seleksi sekolah kedinasan akan membuka rangkaian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Nantinya, masyarakat hanya dapat mendaftar pada satu sekolah kedinasan saja. “Calon pelamar hanya dapat memilih satu sekolah kedinasan,” ujar Menteri Tjahjo, belum lama ini.

Bagi yang berminat, berikut dokumen yang harus disiapkan dan tata cara melamar Sekolah Kedinasan 2021 seperti melansir dari situsnya:

Dokumen untuk daftar sekolah kedinasan 2021:

- Foto berlatar merah

- KTP (bagi yang belum memiliki KTP bisa diganti dengan keterangan dari Dukcapil)

- Kartu Keluarga (KK)

- Ijazah/Surat Keterangan Lulus

 

3 dari 3 halaman

Cara Mendaftar

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat:https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id.

Adapun membuat akun, berikut caranya:

- Pertama pelamar wajib mengisi data diri. Mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tanggal lahir, serta kabupaten/kota tempat KTP diterbitkan.

Dalam pengisian identitas diri, para pendaftar diminta untuk cermat dan teliti, agar tidak ada kesalahan yang berdampak pada tidak lulusnya seorang pelamar jadi CPNS sekolah kedinasan.

- Kedua, pendaftar juga diminta melengkapi data diri ditambah dengan mengatur password akun serta mengunggah pas foto.

3. Usai membuat akun, pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.

Pelamar hanya dapat melamar di 1 Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih. 

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.