Sukses

Bahlil Lahadalia Bakal Jadi Menteri Investasi, Ekonom: Tak Ada Perubahan Signifikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melakukan reshuffle kabinet besok, Rabu (28/4/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melakukan reshuffle kabinet besok, Rabu (28/4/2021).

Sumber internal Liputan6.com mengatakan, Jokowi akan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikbud-Ristek). Kemudian, melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi.

Bahlil sendiri sekarang masih menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang tugasnya sama-sama mengurusi investasi di Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudistira menilai pengangkatan Bahlil menjadi Menteri Investasi tidak akan membawa perubahan yang signifikan.

"Ya, berarti tidak ada perubahan yang signifikan. Bukan sentimen positif bagi dunia usaha. Biasa biasa saja. Padahal yang diharapkan dalam reshuffle bukan hanya ganti nomenklatur tapi juga rombak tim ekonomi secara total," ujar Bhima kepada Liputan6.com, Selasa (27/4/2021).

Bhima melanjutkan, peran Bahlil di Kementerian Investasi nantinya tidak akan jauh dengan BKPM. BKPM sendiri memang merupakan lembaga setara kementerian.

Oleh karenanya, Bahlil harus menggagas inisiasi dan gebrakan baru. Sejauh ini, menurut Bhima, realisasi investasi sudah melebihi target yang ditetapkan.

"Tapi yang jadi pekerjaan rumah adalah mendorong investasi yang berkualitas artinya sektor yang serapan tenaga kerjanya besar dan punya nilai tambah," katanya.

Adapun menurut data BPKM, realisasi investasi di Indonesia pada kuartal I 2021 mencapai angka Rp 219,7 triliun. Dengan jumlah tersebut, penyerapan tenaga kerja baru mencapai 311.793 tenaga

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Lantik Nadiem Makarim Jadi Mendikbud-Ristek dan Bahlil Lahadalia Menteri Investasi Besok

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle (perombakan) kabinet terbatas, Rabu 28 April 2021. Ada dua menteri yang akan dilantik  di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu siang besok.

"Iya, besok siang (pelantikan)," kata sumber Liputan6.com saat dikonfirmasi, Selasa (27/4/2021).

Sumber tersebut mengungkapkan Jokowi akan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikbud-Ristek). Kemudian, melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi.

Selain itu, Jokowi disebut juga mengangkat Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Namun, belum diketahui siapa sosok yang akan mengisi posisi tersebut.

3 dari 3 halaman

Reshuffle Terbatas

Adapun reshuffle kabinet terbatas ini dilakukan usai usulan pemerintah melebur Kemendikbud dengan Kemeristek dan pembentukan Kementerian Investasi disetujui oleh DPR RI.

Nadiem sendiri sebelumnya hanya menjabat sebagai Mendikbud. Sementara itu, Bahlil Lahadalia sebelumnya mengisi posisi Kepala Badan Koordinasi Penanamam Modal (BKPM).

Sebagai informasi, Bambang Brodjonegoro sebelumnya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN. Bambang sendiri beberapa waktu lalu telah menyatakan pamit dari kementetriannya.

Jokowi yang merupakan orang jawa tulen kerap kali melakukan reshuffle di hari Rabu Pon atau Pahing baik di periode pertama atau kedua. Reshuffle kabinet terakhir pada Desember 2020 lalu dilakukan di Rabu Pon. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.