Ingin Bikin Anak Melek Investasi, Begini 5 Tipsnya

Oleh Helena Yupita pada 28 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi keluarga
Perbesar
Orangtua dan anak.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tua berbicara tentang bagaimana meningkatkan literasi keuangan seperti investasi untuk anak-anak, tetapi hanya sedikit yang tampaknya siap berbuat banyak tentang hal itu.

Menurut survei, tak banyak sekolah yang mewajibkan siswanya untuk mengambil kelas keuangan pribadi.

Saat anak nantinya menjadi sadar akan uang dan konsep keuangan lain, baik untuk membiasakan mereka dengan melakukan investasi dan membekali dengan pengetahuan agar dapat dibawa dalam kehidupan dewasa.

Jika para orang tua ingin memulai untuk bekali anak tentang investasi berikut beberapa ide yang dilansir dari laman mediafeed, guna membuat anak lebih mudah memahami investasi.

1. Alihkan mainan dan berikan persediaan untuk anak

Jika Anda adalah orang tua, maka paham betapa sulitnya menemukan hadiah yang tepat untuk anak yang yang tidak mudah hilang atau segera dilupakan. 

Banyak dari orang tua beralih ke mainan yang diharapkan menyenangkan dan mendidik, tetapi menemukan mainan yang berkaitan dengan investasi menjadi jadi sulit.

Ini berarti Anda mungkin harus beralih ke dunia nyata dan benar-benar memberi anak kendali atas sedikit saja saham.

Seiring bertambahnya usia, mereka dapat memiliki lebih banyak masukan, dan Anda dapat berbicara tentang dividen, penggabungan, diversifikasi, dan apa artinya membeli dan menahan.

Penting untuk diperhatikan bahwa ada pro dan kontra untuk berbagai jenis akun investasi yang tersedia untuk anak di bawah umur.

Jadi periksa terlebih dahulu konsekuensi apa pun yang terkait dengan pajak di masa mendatang dan saat anak tersebut mengajukan permohonan bantuan keuangan untuk kuliah.

2. Membuatnya seperti permainan

Jika dirasa belum siap untuk memasukkan uang sungguhan ke dalam portofolio yang berpusat pada anak-anak, Anda masih dapat mengikuti pasar bersama-sama dan melacak bagaimana mereka akan melakukannya jika mereka berinvestasi.

Buatlah belajar investasi dengan cara yang menyenangkan dan mudah. Anda bahkan bisa menjadikannya semacam kompetisi antar saudara.

 

2 dari 3 halaman

3. Membelikan buku

Orangtua dan anak
Perbesar
Orangtua dan anak (Photo by Jonathan Daniels on Unsplash)

Ini mungkin terdengar seperti cara jaman dulu dan membosankan untuk menjelaskan investasi kepada anak-anak, tetapi ada banyak buku di luar sana yang menyertakan banyak ilustrasi, bahasa yang menyenangkan, dan pelajaran penting.

Jadi, cobalah untuk membelikan anak Anda buku yang menyenangkan untuk memberi pelajaran tentang investasi.

4. Berbagi cerita tentang keluarga dalam berinvestasi

Baik itu kisah sukses atau kisah buruk, anak-anak dapat belajar banyak dari sejarah keluarga sendiri tentang investasi.

Bagikan cerita kepada anak tentang bagaimana orang tua dan kakek nenek Anda menghasilkan dan menyimpan uang mereka. Selain itu, ceritakan pula bagaimana hal itu dilakukan hari ini dalam percakapan tentang nilai investasi dan penetapan tujuan.

Ceritakan kisah tersebut seperti mendongeng daripada memberi ceramah dan mendorong pertanyaan, yang mungkin membuat mereka lebih terlibat.

5. Buat pelajaran tidak rumit

Apa pun platform yang dipilih untuk mengajari anak tentang investasi, pertimbangkan untuk mencoba menjadikannya sesederhana mungkin.

Jika memutuskan bahwa Anda siap untuk melakukan investasi di dunia nyata, carilah akun yang lebih mudah dan lepas seperti yang Anda inginkan.

Jaga agar tetap menyenangkan. Suatu hari ketika anak-anak dewasa mungkin akan bercerita kepada orang tuanya tentang bagaimana pelajaran Anda membantu memajukan kecerdasan finansial mereka.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓