Sukses

Harga Emas Turun, Paladium Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

harga emas melemah karena data ekonomi AS yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Palladium memperpanjang reli teriknya ke level tertinggi sepanjang masa dalam jarak dekat di USD 3.000 pada hari Jumat di tengah kekhawatiran pasokan dan taruhan untuk meningkatkan permintaan. Sementara harga emas melemah karena data ekonomi AS yang kuat.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (24/4/2021), harga palladium mencapai rekor tertinggi USD 2.925,14 per ounce dan bersiap untuk kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Itu naik 0,4 persen menjadi USD 2.849,18 per ounce.

Banyak analis memperkirakan pergerakan lebih lanjut menuju USD 3.000 karena pembuat mobil meningkatkan pembelian logam, memperburuk kekurangan pasokan. “Kami diperkirakan akan melampaui pasokan selama beberapa tahun,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Baik paladium maupun platina digunakan sebagai katalis pengurang emisi dalam mobil, tetapi paladium lebih banyak digunakan dalam mesin bensin.

Platinum naik 2 persen menjadi USD 1.226.93 per ounce dan menuju minggu terbaiknya dalam enam minggu. Harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1.777.24 per ounce, melepaskan keuntungan awal yang didorong oleh dolar yang lebih lemah dan imbal hasil AS yang lemah. Harga emas berjangka AS menetap 0,2 persen lebih rendah pada USD 1.777,8 per ounce.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Industri Naik

Data menunjukkan aktivitas pabrik AS menguat pada awal April, memberikan dorongan ke Wall Street, sementara rebound dalam penjualan rumah baru melebihi ekspektasi pada bulan Maret.

Meskipun harga lebih rendah pada hari Jumat, faktor-faktor yang mendasari seperti aliran masuk safe-haven karena pandemi, kemungkinan kenaikan inflasi, suku bunga yang lebih rendah untuk waktu yang lebih lama dan teknis yang mendukung membuat kasus untuk memegang emas, kata Michael Matousek, kepala pedagang di US Global. Investor.

Perak turun 0,6 persen menjadi USD 26,02 per ounce.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.