Sukses

Pupuk Indonesia Raih Corporate Branding PR Awards

Penghargaan ini menjadi bukti jika keterbatasan akibat wabah Covid-19 tidak membatasi tim komunikasi Pupuk Indonesia untuk berkarya

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Indonesia (Persero) mendapat penghargaan "2021 Corporate Branding PR Awards" kategori Petrochemical dari The Iconomics, yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Kamis (22/4).

Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi bukti jika keterbatasan akibat wabah Covid-19 tidak membatasi tim komunikasi Pupuk Indonesia untuk berkarya. Karena, komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis.

"Komunikasi harus mampu memainkan peran strategis. Apalagi Pupuk Indonesia tengah melangkah menjadi perusahaan nasional berkelas dunia, untuk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan serta mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial secara nasional. Maka hal ini harus disampaikan dengan baik kepada publik," ujar Wijaya dalam keterangannya, 

Ia mengatakkan, era informasi digital seperti saat ini dapat menjadi ancaman bagi citra dan reputasi siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Untuk itu, Kompartemen Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia harus mampu mengelola aspek komunikasi dengan positif melalui optimalisasi semua platform media komunikasi perusahaan.

Apalagi keterbatasan akses sosial akibat Covid-19 menjadikan bobot kinerja komunikasi semakin ekstra. Namun pandemi ini mendorongnya untuk menggali potensi yang selama ini belum tergarap dengan optimal.

Disampaikan Wijaya, saat ini peran strategis komunikasi di Pupuk Indonesia dilakukan dengan mengampanyekan program Agro Solution. Program komprehensif ini dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan petani di tengah pandemi melalui peningkatan produktivitas, kemudahan akses permodalan, pendampingan, off-taker hasil panen, dan suplai agro input serta lainnya.

Sementara itu, penghargaan ini diperoleh Pupuk Indonesia bersama dengan Pupuk Sriwidjaja Palembang dan Petrokimia Gresik selaku anggota holding.

"Penghargaan ini akan terus memotivasi tim PR di Pupuk Indonesia dan lingkungan anak perusahaan untuk terus berkarya di bidang komunikasi. Agro Solusi untuk Indonesia, sukses untuk kita semua," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adaptasi Baru

Sedangkan, Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro mengatakan bahwa, wabah Covid-19 sangat menantang, termasuk bagi dunia usaha. Adaptasi yang dilakukan perusahaan akan mempengaruhi pendekatan yang dilakukan oleh PR dalam membangun citra positif perusahaan.

Corporate image ini sangat penting karena berkaitan dengan kepercayaan mitra maupun stakeholder. Sebagai apresiasi kepada institusi terbaik dalam membangun citra perusahaan, tambah Bram S. Putro, Iconomics memberikan 2021 Corporate Branding PR Awards.

"Awards ini diberikan melalui proses riset yang mengukur pondasi reputasi organisasi yaitu Commercial, Organizational, dan Social," ujarnya.

Dari masing-masing pondasi tersebut dibedah lebih dalam menjadi 9 aspek. Dalam pilar Commercial dinilai aspek product & service quality, size & presencedan growth. Adapun pada pilar Organizational yang dinilai aspek competency, employment welfare dan cleanliness & honesty. Terakhir, pilar Social yang terdiri dari aspek social-environmental contribution, custom value, dan familiarity.

Sedangkan, teknik riset yang digunakan untuk menghasilkan para pemenang tersebut melalui survei yang dilakukan secara online kuantitatif dengan total responden lebih dari 10 ribu. Survei online ini menyasar responden dari 10 kota besar di Indonesia. Adapun waktu survei dilakukan pada Februari hingga Maret 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.