Sukses

Pakar Keuangan: Cara Tetap Fokus Saat Bayar Utang

Membayar utang bisa memakan waktu dan tidak selalu mudah untuk tetap fokus menangani utang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Membayar utang bisa memakan waktu dan tidak selalu mudah untuk tetap fokus menangani utang tersebut, terutama saat pinjaman Anda terus mendapatkan bunga.

Untuk tetap termotivasi, cobalah untuk fokus pada tujuan Anda dan apa yang dapat dilakukan untuk melunasi utang.

Hal ini merujuk pada apa yang disampaikan oleh pakar keuangan, Patrice Washington, melansir dari CNBC, Rabu (28/4/2021).

Perjalanan Anda untuk menjadi bebas utang seharusnya tidak hanya tentang melunasinya. "Itu harus tentang apa yang diwakili oleh pembayaran utang untuk masa depan Anda," kata Washington.

Washington mengakui jika melunasi utang itu tentu bukan tugas yang mudah. Itu bisa sangat berkorban dan membuat Anda mengalami banyak kekurangan. 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik pengingat rencana masa depan

Itulah mengapa akan sangat membantu apabila Anda mampu tetap fokus pada apa yang Anda rencanakan saat utang sudah tiada nantinya.

Washington mendorong kliennya untuk memasang pengingat di sekitar rumah mereka tentang apa yang sedang mereka upayakan. 

Trik ini membantu mereka fokus pada apa yang akan terjadi berikutnya selepas keberhasilan mereka dalam membayar utang.

“Tampilkan apa yang Anda inginkan di depan Anda dan itu akan sangat membantu Anda tetap disiplin,” ujar Washington.

Dengan memiliki faktor 'mengapa' yang besar di depan Anda setiap saat, Anda akan terus-menerus mengingatkan diri sendiri apa manfaat dari menghapus utang bagi Anda dibanding terus mengingat betapa beratnya membayar utang tersebut.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah ingat bahwa mengabaikan utang  hanya akan membuatnya bertambah karena umumnya ada bunga yang dikenakan dan akan terus bertambah.

“Tidak memiliki utang lebih cepat (dan) sesegera mungkin adalah cara Anda mencapai tempat yang damai (yang) lebih cepat (pula),” jelas Washington.

"Tidak ada yang namanya 'utang baik'," kata Washington. Satu-satunya utang baik adalah utang yang tidak Anda miliki lagi. 

Cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal seperti pinjaman sebagai biaya yang akan terus Anda bayarkan selama sisa hidup Anda. Buatlah rencana yang memungkinkan bagi Anda untuk melunasinya lebih cepat.

Namun, Anda tidak harus melunasi utang sebelum Anda mulai menabung, kata Washington. Ini adalah dua hal yang harus Anda lakukan pada saat bersamaan.

Dengan menabung, Anda dapat memastikan bahwa dalam keadaan darurat, Anda memiliki dana untuk menutupi biaya dan dapat mencegah diri Anda untuk terlibat lagi dengan lebih banyak utang.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.