Anugerah Perempuan Hebat 2021 Nobatkan Direktur BRI Handayani Sebagai Tokoh Perempuan Inspiratif

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 21 Apr 2021, 16:35 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 16:36 WIB
BRI Mendorong Ekspor Produk UMKM RI
Perbesar
Direktur Konsumer BRI, Handayani (kanan) memberikan paparan saat menjadi pembicara dalam BRILIANPRENEUR 2019 di JCC, Jakarta, Sabtu (21/12/2019). Handayani mengatakan, BRI mendorong produk UMKM dalam negeri bisa bersaing di pasar global agar bisa diekspor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan hari Kartini, Liputan6.com menggelar Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021. Di tengah pandemi Covid-19, acara ini digelar secara live streaming melalui berbagai channel pada Rabu 21 April 2021 pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Acara Anugerah Perempuan Hebat 2021 bertujuan memberikan apresiasi kepada beberapa perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi positif, baik untuk lingkungan maupun masyarakat yang akan memajukan bangsa Indonesia.

"Upaya yang dilakukan ini, kami namakan sebagai aksi Perempuan Hebat Indonesia karena pada akhirnya memberikan contoh, semangat dan inpirasi untuk semua perempuan Indonesia," jelas Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiawati, Rabu (21/4/2021).

"Perjuangan dan aksi nyata Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan zaman," tambah dia.

Salah satu penerima Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 adalah Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Handayani. Bankir senior ini terpilih sebagai tokoh perempuan inspiratif. Di tengah kondisi bangsa yang sedang berjuang melawan Covid-19, Handayani tidak pernah berhenti untuk berkarya dan berjuang bagi masyarakat.

Handayani mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berkepanjangan telah membuat banyak pekerja perempuan kaget. Banyak di antaranya yang tidak punya bekal persiapan guna menghadapi kedatangan virus corona yang mendadak tersebut.

"Pandemi datang secara mendadak. Semua dalam dunia bahkan masih shock karena ini sesuatu yang tiba-tiba dan tidak dipersiapkan. Tidak ada persiapan juga gimana antisipasinya," ujar Handayani.

Namun demikian, dia mengimbau kepada seluruh pekerja perempuan untuk tetap berpikiran positif. Hal tersebut telah coba ia tanamkan secara internal kepada para karyawan BRI untuk membangun pola pikir (mindset) tersebut.

"Kita harus bangun mindset, karena kita tidak tahu seberapa lama ini akan terjadi. Jadi, teman-teman BRI harus positive mindset," imbuh Handayani.

Handayani adalah bankir sejati. Sebelum berlabuh di BRI, ua pernah menjabat sebagai direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). Sebelum itu, ia juga sempat menduduki Digital Marketing & Alternate Distribution di PT AXA Mandiri, sebuah perusahaan patungan antara Bank Mandiri dan AXA Group.

Selain Handayani, terdapat tokoh lain yang juga mendapat penghargaan dalam ajang Anugerah Perempuan Hebat 2021, berikut daftarnya:

- Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif

- Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

- I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

- Hasto Wardoyo, Tokoh Indonesia Bebas Stunting.

2 dari 3 halaman

Rangkaian Acara

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021
Perbesar
Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021. (Kapanlagi Youniverse / Liputan6.com)

Acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 menampilkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, sebagai pembicara kunci.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang akan membacakan puisi tentang perempuan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membacakan salah satu surat dari Kartini.

Ada juga diskusi yang sangat menarik mengenai pentingnya peran perempuan di masa pandemi Covid-19. Diskusi ini dipandu oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG.

Sedangkan sebagai panelis hadir para perempuan berkualitas yaitu Direktur Bank BRI Handayani,  selebritas dan penyanyi Andien, grand master catur Indonesia Irene Sukandar, dan YouTuber sekaligus influencer Hanin Dhiya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓