Sukses

Beli Rumah Pertama di Bulan Ramadan, Bisa Kok!

Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Apalagi hunian yang nyaman dan aman adalah kebutuhan setiap orang. Tak hanya bagi orangtua saja, generasi milenial juga membutuhkan hunian.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Apalagi hunian yang nyaman dan aman adalah kebutuhan setiap orang. Tak hanya bagi orangtua saja, generasi milenial juga membutuhkan hunian. 

Namun, membeli rumah memang tidak bisa dianggap sebagai perkara yang mudah, mengingat harga aset yang satu ini terbilang begitu tinggi di pasaran. Berikut yang perlu dicermati sebelum membeli rumah pertama

Pilih lokasi rumah 

Hal pertama yang perlu kamu cermati adalah lokasi rumah yang akan kamu pilih. Lokasi juga menentukan harga dari rumah tersebut.  Sebagai contoh, jika masih di wilayah Ibukota, biasanya harga rumah tinggi. Berbeda jika kamu memilih lokasi rumah di pinggir Ibukota, harganya pun tidak terlalu mahal. 

Perlu diingat, semakin strategis letak sebuah rumah, maka akan semakin bagus (tinggi) juga harga yang ditawarkan untuk rumah tersebut.

Persiapkan Finansial dan Mental

Perlu dicermati sebelum membeli hunian yang baru, kamu sudah pertimbangkan di dalam rencana keuangan. Bukan hanya kondisi keuanganmu sekarang saja, namun kamu juga harus mencermati kondisi keuanganmu di masa yang akan datang. Pasalnya, dalam pembelian rumah KPR atau pembelian kredit, kamu akan menanggung sejumlah cicilan yang cukup besar setiap bulannya. 

Hal ini akan menjadi pengeluaran bulanan rutin yang panjang sehingga harus dipertimbangkan dengan sangat matang. 

Rencana

Saat kamu sudah memutuskan untuk membeli rumah, maka buatlah rencana dan tentukan waktu kapan kamu akan mengajukan kredit ke bank.

Hitung jumlah uang muka yang harus kamu bayarkan dan sesuaikan dengan batas waktumu untuk mengumpulkannya. Mulailah menabung biaya uang muka ini secara rutin setiap bulannya. Kamu bisa mengalokasikan sejumlah penghasilan bulanan.

Gunakan promo KPR Ramadan

Nah, mumpung di Bulan Ramadan biasanya beberapa bank yang memberikan promo menarik, seperti halnya BRI. 

Dengan promo KPR Ramadan BRI, para nasabah BRI bisa mendapatkan hunian impian di bulan Ramadan. Promo tersebut, meliputi suku bunga ringan, bebas biaya administrasi dan provisi, jangka waktu hingga 20 tahun, proses cepat dan mudah melalui BRISPOT, dan dapatkan voucher hingga Rp3 juta. 

Selama periode 15 April - 15 Mei 2021, kamu bisa mendapatkan hunian impian dengan mudah, cukup unduh aplikasi BRISPOT di playstore atau klik bit.ly/BrispotBRI.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini