Sukses

Proyek Terminal Regasifikasi LNG di Cilacap Target Beroperasi 2023

Perusahaan Gas Negara (PGN) siapkan infrastruktur gas bumi pada kilang yang dibangun Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) siapkan infrastruktur gas bumi pada kilang yang dibangun Pertamina, untuk mendukung penyediaan sumber energi dalam negeri.

Direktur Utama PGN, Suko Hartono mengatakan, PGN mempersiapkan infrastruktur gas bumi di wilayah barat dengan dominan infrastruktur pipa dan wilayah timur dengan infrastruktur non pipa yang dapat melayani gas bumi baik dalam bentuk gas pipa, Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquified Natural Gas (LNG) untuk menjaga keberlanjutan energi dalam negeri.

“Proyek ini bisa dikatakan sebagai sinergi antara Subholding Gas, Subholding Shipping, dan Subholding Kilang dalam jangka panjang yang tergabung sebagai Holding Migas Pertamina,” kata Suko, di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Proyek infrastruktur gas tersebut adalah pembangunan fasilitas Small Land-Based LNG Regasification Terminal di Cilacap dan pembangunan Pipa Gas Senipah ke Kilang RU V Balikpapan.

Proyek Terminal Regasifikasi LNG diestimasikan dapat menghasilkan volume ramp up sampai dengan 111 MMSCFD. Sedangkan Pipa Senipah-Balikpapan diestimasikan dalam mendukung penyaluran gas untuk efisiensi kilang dengan volume ramp up sampai 194 MMSCFD. Keduanya ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyediaan Pasokan

Suko mengungkapkan, proyek ini ditujukan dapat menyediakan pasokan dan infrastruktur LNG yang terintegrasi untuk pemenuhan kebutuhan gas di kilang RU IV Cilacap dan RU Balikpapan secara tepat mutu, tepat waktu, dan tepat biaya.

"Pembangunan infrastruktur gas ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan Kilang Balikpapan melalui pipa gas Senipah – Balikpapan. Sedangkan gasifikasi Kilang Cilacap dilakukan dengan memanfaatkan portofolio PGN dalam mengelola LNG sebagai persiapan PGN going global dan entry point pengambangan pasar LNG retail di Jawa Tengah bagian selatan," jelas Suko.

Suko menegaskan, PGN berkomitmen untuk terus mengawal pelaksanaan proyek Kilang ini agar dapat bermanfaat maksimal bagi pertumbuhan industri dalam negeri, optimalisasi sumber energi domestik, dan penguatan investasi migas nasional.

“PGN Subholding Gas mendukung Program RDMP Kilang sebagai proyek Strategis Nasional dan mengembangan infrastruktur untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dan membantu upaya pengurangan energi impor,” tutup Suko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.