Coba Diperiksa, Mungkin Ini Alasan Anda Sulit Menyimpan Uang

Oleh Helena Yupita pada 21 Apr 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi boros belanja
Perbesar
Ilustrasi belanja (Foto: unsplash.com/JP Valery)

Liputan6.com, Jakarta Sangat umum bagi kerap mengeluh karena tidak punya cukup uang. Sementara, kebutuhan dan tuntutan seakan tidak ada habisnya, dan akan selalu meningkat.

Jadi wajar saja jika Anda merasa terkekang bahkan walaupun gaji sudah berlipat ganda, atau ketika menerima bonus. Itu karena Anda masih memiliki beberapa keinginan lainnya yang masih belum terpenuhi.

Meskipun jelas bahwa alasan utama orang tidak dapat menabung adalah karena pengeluaran lebih banyak daripada penghasilan. Namun ada pula beberapa faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan.

Melansir dari laman magforwoman, Rabu (21/4/2021), mungkin berikut beberapa alasan Anda tidak dapat menghemat atau menyimpan uang.

1. Tidak memeriksa saldo secara teratur

Salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang tidak dapat menabung adalah karena mereka tidak memeriksa saldo rekening dan dana yang tersedia dari waktu ke waktu.

Mereka tidak melacak sisa uang dan dengan tidak adanya pengetahuan semacam itu, cenderung mengeluarkan uang terlalu banyak.

Sangat penting untuk membiasakan diri memeriksa saldo secara teratur, sehingga tahu bahwa Anda tidak menghabiskan semua uang di pertengahan bulan, dan bangkrut untuk sisa uang sebelum gaji berikutnya datang.

Cara sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendaftar pada layanan pesan singkat dari bank. Jadi setiap kali melakukan transaksi, Anda tahu berapa banyak saldo yang tersisa.

2. Mudah tergoda

Ini adalah masalah yang dihadapi banyak anak muda. Tergoda saat melihat sesuatu yang mewah, dan merasa ingin membelinya saat itu juga.

Di kepala, Anda tahu bahwa jika membeli barang tersebut, maka tidak akan punya uang untuk diandalkan selama sisa bulan itu.

Tetapi Anda tergoda dan menyerah pada pesona barang yang diinginkan, dan itu justru menghentikan Anda dari menabung.

Jadi yang terbaik adalah mengembangkan pengendalian diri yang ketat pada diri sendiri untuk menyelamatkan diri godaan seperti itu.

3. Terlalu percaya diri

Ini adalah masalah banyak freelancer. Mereka menghasilkan banyak uang di satu proyek dan memutuskan untuk membeli banyak barang mewah. Kemudian berpikir bahwa mereka juga akan mendapat penghasilan yang baik di proyek berikutnya.

Namun, pendapat seperti itu bisa sangat tidak menentu dan tidak stabil. Tidak ada kepastian kapan penghasilan berikutnya akan datang. Dan itu menimbulkan masalah pada tabungan. Jadi, penting untuk tidak terlalu percaya diri tentang pendapatan masa depan.

Teknik terbaik adalah menabung sekarang, dan tidak menyesal di kemudian hari.

2 dari 3 halaman

4. Tidak memiliki rencana tabungan yang baik

Ilustrasi Orang Marah
Perbesar
Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Mungkin saja alasan mengapa tidak menabung banyak adalah karena Anda tidak tahu persis apa yang harus dilakukan dengan uang yang dimiliki.

Penting untuk memiliki rencana tabungan yang baik, di mana sebagian dari pendapatan disumbangkan untuk beberapa rencana atau deposito atau dana, yang akan jatuh tempo di masa depan.

Ketika memiliki rencana tabungan yang siap, Anda tidak punya pilihan selain terus membayar cicilan atau premi itu setiap bulan. Dengan begitu, akan dapat menghemat uang dengan lebih baik.

5. Tidak menilai ulang atau mengubah pengeluaran

Akan ada bulan-bulan ketika memiliki banyak uang berlebih, dan akan ada bulan-bulan ketika permintaan terlalu tinggi dan uang yang ada di tangan akan terlalu sedikit.

Dalam kasus terakhir, penting bagi Anda untuk menilai kembali dan mengubah rencana pengeluaran untuk melihat apa saja yang dapat dikurangi. Jika tahu bahwa Anda memiliki lebih sedikit uang, kurangi apa yang terbuang atau tidak diperlukan.

Penting untuk terus menilai kembali pengeluaran dari waktu ke waktu, tergantung pada situasi keuangan Anda.

Sebagai anak-anak, kita sering tidak peduli dengan pengeluaran. Namun, begitu kita mulai tumbuh dewasa, harga setiap benda kecil akan mulai menekan kita, dan menyadari nilai uang.

Untuk menyelamatkan diri dari terlalu banyak kompromi dalam hidup, lebih baik menabung secara teratur dan memiliki kehidupan yang nyaman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓