Sukses

Harbolnas Ramadan Ringankan Beban Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif

Subsidi ongkos kirim dalam Program harbolnas Ramadan akan sangat membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sangat mendukung program subsidi ongkos kirim sebesar Rp 500 miliar pada Hari Belanja Online Nasional di akhir bulan Ramadan (Harbolnas Ramadan).

Harbolnas Ramadan rencananya akan diselenggarakan selama 5 hari yaitu pada H-10 sampai dengan H-6 Idul Fitri ini bekerjasama dengan asosiasi, platform digital, pelaku UMKM, produsen lokal, dan para pelaku logistik lokal untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Sandiaga mengatakan, subsidi ongkos kirim ini akan sangat membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif. Sebab selama ini pelaku usaha kerap terbebani dengan adanya biaya ongkos kirim.

"Secara prinsip akan mendukung karena ongkir ini salah satu yang membebani sektor ekonomi kreatif berkaitan dengan harga. Kadang ongkir lebih mahal dari harga produk," kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (19/4/2021).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, program subsidi ongkos kirim pada Harbolnas Ramadan kali ini, Pemerintah bekerjasama dengan beberapa e-commerce. Hasilnya menunjukkan positif dan inklusif bisa menghadirkan peluang bagi pelaku ekonomi kreatif.

Di sisi lain, Kemenparekraf juga ikut membantu untuk on boarding yaitu mengajak pelaku UMKM yang belum masuk ekosistem digital untuk bisa segera masuk. Sehinga bisa memanfaatkan momentum tersebut.

"Tapi kita harapkan ada paket lain yang bisa kita implementasikan sampai akhir tahun. Jadi kita harapkan terpisah nih jadi mudah-mudahan ini sebuah momentum angin segar buat pelaku ekonomi kreatif," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma untuk Produk Lokal

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, subsidi ongkos kirim tersebut kan berlaku jika masyarakat membeli produk-produk dalam negeri. Artinya jika, pembelian produk dari luar ongkos kirim tetap akan ditanggung pribadi bukan dari pemerintah.

“Diutamakan untuk produk dalam negeri, ongkir ditanggung Pemerintah dalam bentuk subsidi dan ongkir ini disiapkan Pemerintah dengan anggaran sebesar 500 miliar rupiah,” kata Menko Airlangga, dikutip dari laman resminya pada Senin 12 April 2021.

Harbolnas Ramadan yang rencananya akan diselenggarakan selama 5 hari (H-10 s/d H-6 Idul Fitri) ini bekerjasama dengan asosiasi, platform digital, pelaku UMKM, produsen lokal, dan para pelaku logistik lokal untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan demikian Pemerintah berharap bahwa dalam situasi Bulan Ramadan terjadi peningkatan konsumsi. Oleh karena itu Pemerintah mendorong bahwa tidak mudik tetapi bisa mengirim barang ke daerah. Pemerintah yang tanggung ongkosnya,” ujar Menko Airlangga.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.