Sukses

Nasihat Orang Terkaya Dunia Jeff Bezos dalam Surat Terakhirnya sebagai CEO Amazon

Dalam surat terakhirnya, CEO Amazon Jeff Bezos merasa "terdorong" untuk meninggalkan nasihat terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Dalam surat terakhirnya kepada pemegang saham, CEO Amazon Jeff Bezos merasa terdorong untuk meninggalkan nasihat terakhir buat pembacanya. Nasihat dari orang terkaya dunia adalah pertahankan "kekhasan" Anda.

“Kita semua tahu bahwa kekhasan - orisinalitas - itu berharga,” tulis Bezos dalam surat terakhirnya pada Kamis (15/04/2021).

“Kita semua diajari untuk 'menjadi diri sendiri.' Apa yang sebenarnya saya minta Anda lakukan adalah merangkul dan bersikap realistis tentang berapa banyak energi yang diperlukan untuk mempertahankan kekhasan itu. Dunia ingin Anda menjadi tipikal, dalam seribu cara, itu (akan) menarik Anda. Jangan biarkan itu terjadi,” kata dia.

Untuk mengilustrasikan maksudnya, dikutip dari CNBC, Selasa (20/04/2021), Jeff Bezos memasukkan bagian dari buku non-fiksi “The Blind Watchmaker: Why the Evidence of Evolution Reveals a Universe without Design” oleh Richard Dawkins.

"Buku luar biasa [itu] tentang fakta dasar biologi" adalah bagian dari "satu hal terakhir yang paling penting yang saya rasa harus saya ajarkan," tulis Bezos, menambahkan kutipan berikut:

“Menghentikan kematian adalah hal yang harus Anda upayakan. Tertinggal untuk dirinya sendiri - dan itulah saat ia mati - tubuh cenderung kembali ke keadaan seimbang dengan lingkungannya … Tubuh kita, misalnya, biasanya lebih panas daripada lingkungan kita, dan dalam iklim dingin mereka harus bekerja keras untuk menjaga perbedaan. Ketika kita mati, pekerjaan berhenti .... [Jika makhluk hidup tidak bekerja secara aktif untuk mencegahnya, mereka pada akhirnya akan bergabung dengan lingkungannya, dan lenyap sebagai makhluk otonom."

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi diri sendiri itu sepadan, tetapi jangan berharap itu mudah

Meskipun bagian tersebut "tidak dimaksudkan sebagai metafora," Bezos mencatat, "itu tetap fantastis, dan sangat relevan dengan Amazon. Saya berpendapat bahwa ini relevan untuk semua perusahaan dan semua institusi dan untuk setiap kehidupan individu kita juga."

"Meskipun dibutuhkan kerja keras terus menerus untuk mempertahankan kekhasan kami," tulisnya, "itu sepadan," lanjut ddia

“Versi dongeng dari [nasihat] 'jadilah diri sendiri' adalah bahwa semua rasa sakit berhenti segera setelah Anda membiarkan kekhasan Anda bersinar. Versi itu menyesatkan. Menjadi diri sendiri itu sepadan, tetapi jangan berharap itu mudah atau gratis," tulis Bezos.

Menghubungkan saran ini dengan Amazon, Bezos menambahkan bahwa “dunia akan selalu berusaha menjadikan Amazon lebih tipikal membawa kita ke keseimbangan dengan lingkungan kita. Ini akan membutuhkan upaya terus-menerus, tetapi kami bisa dan harus lebih baik dari itu."

Bezos mengumumkan pada bulan Februari bahwa dia akan mundur sebagai CEO Amazon dan bertransisi ke kursi eksekutif dewan perusahaan.

Dia menyebut Andy Jassy, ​​yang membangun Amazon Web Services, atau AWS, menjadi bisnis bernilai multi miliaran dolar, sebagai penggantinya.

"Saya jamin Andy tidak akan membiarkan alam semesta menjadikan kita tipikal," tulis Bezos.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.